Kenapa Mie Instan Bentuknya Keriting dan Bergelombang?

Banyak orang tentu pernah makan mie Instan, karena rasanya yang pas di lidah, makanan yang satu ini banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia.

Ilustrasi, masak mie instan

Nusantaratv.com - Banyak orang tentu pernah makan mie Instan, karena rasanya yang pas di lidah, makanan yang satu ini banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia. Tapi pernah ngga ya terpikir, kenapa mie instan bentuknya keriting dan bergelombang? Kok tidak lurus, kenapa ya?

Ternyata mie instan sengaja dibuat keriting dan bergelombang karena ada alasan ekonomisnya. Dengan mie instan dibuat bergelombang, mie instan terlihat banyak dan besar dalam kemasan. Kalau mie instan bentuknya lurus, kalau dimasukkan dalam kemasan yang selama ini kita lihat, mie instan akan terlihat lebih sedikit. Dan kalau isinya sama seperti yang selama ini dilihat, mie instan lurus akan memerlukan kemasan yang lebih besar.

Disamping tentang kemasan, alasan dibuat keriting dan bergelombang itu demi meningkatkan kontak antara mie dan udara, agar waktu yang diperlukan tidak terlalu lama dalam proses selanjutnya (tahapan proses pengukusan). Selain itu, bentuk keriting ini menyediakan ruang di antara mie yang memungkinkannya dimasak dengan uap dan didehidrasi secara merata.

Baca Juga: Resep Cendol Hunkwe Pisang, Cocok untuk Buka Puasa

Lalu dari segi konsumen bagaimana? Bentuk mie instan yang keriting menciptakan spiral acak setelah mie dimasak, yang dapat memberikan daya lentur unik pada helai mie. Dari mie keriting pula, ia tampak lebih menarik dan menciptakan ilusi seolah-olah mie banyak, dan saat kita memakannya akan terasa sensasi curly yang berbeda dari mie datar. Saat diisap ke mulut, sensasinya juga berbeda.

Mie instan dengan bentuk keriting juga akan lebih cepat disajikan. Karena rongga-rongga pada mie akan lebih mudah terkena air panas. Juga kaldu dan bumbu yang menyertai dalam kemasan mie instan akan mudah meresap karena permukaan mie yang lebih lebar dibanding dengan mie yang berbentuk lurus sehingga daya serap mie terhadap kuah akan semakin besar.

Kira-kira begitulah alasan kenapa mie instan dibuat bentuknya keriting dan bergelombang. Waduh jadi lapar, pengen masak mie instan, nih. 

Sumber: kaskus.co.id

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK