Tips Mengatasi Sakit Telinga Saat Naik Pesawat

Ada banyak cara yang dapat mengurangi tekanan pada telinga sewaktu naik pesawat. Gangguan pada telinga ini mulai dari rasa tidak nyaman hingga yang sakit. Memang sih, kalau didiamkan nanti juga akan hilang dengan sendirinya seiring dengan kembali normalnya tekanan udara pada kabin penumpang. Hanya saja kalau didiamkan harus siap menerima dengungan pada telinga.
Tips Mengatasi Sakit Telinga Saat Naik Pesawat
Kadang telinga terasa sakit saat pesawat tinggal landas./klikdokter.com

Nusantaratv.com - Ada banyak cara yang dapat mengurangi tekanan pada telinga sewaktu naik pesawat. Gangguan pada telinga ini mulai dari rasa tidak nyaman hingga yang sakit. Memang sih, kalau didiamkan nanti juga akan hilang dengan sendirinya seiring dengan kembali normalnya tekanan udara pada kabin penumpang. Hanya saja kalau didiamkan harus siap menerima dengungan pada telinga. 

Telinga yang terasa sakit atau seperti tersumbat sesuatu ketika sedang naik pesawat (biasanya terjadi saat pesawat baru saja take off) mungkin sering kamu alami, travelers. Dan kamu mungkin nggak terlalu mempermasalahkannya karena tidak mempengaruhi pendengaran. Namun, beberapa bisa merasa bahwa ini sangat mengganggu karena telinga berhubungan erat dengan keseimbangan. Oleh karena itu, penting banget nih simak tips mengatasi sakit telinga saat naik pesawat yang kami rangkum dari berbagai sumber berikut.

BACA JUGA : Garuda Kandangkan Satu Pesawatnya Karena Alami Keretakan

Penyebab sakit telinga saat naik pesawat

Rasa tersumbat di telinga ini bisa terjadi akibat adanya perbedaan tekanan udara antara bagian dalam dan luar telinga ketika pesawat mulai naik atau hendak landing (mendarat). Dan rasa tersumbat ini bisa dilenyapkan dengan cara menelan ludah agar tuba (saluran di bagian dalam telinga) terbuka dan udara dapat masuk ke telinga bagian tengah.

Sayangnya, nggak semua orang bisa melakukan teknik sederhana ini (menelan ludah). Beberapa orang yang sedang mengalami gangguan pada saluran tubanya, misalnya karena sedang sakit flu atau batuk, kemungkinan besar akan merasa pusing luar biasa. Ini karena saluran tuba tersumbat oleh lendir dan tuba bereaksi terhadap perbedaan tekanan udara dengan cara memperkecil ruang di bagian tengah telinga dan menarik jaringan tubuh di sekitarnya.

Kalo udah begini perjalananmu pasti bakal terasa nggak nyaman karena nyeri di kepala kadang tidak segera hilang. Rasa pusing setelah naik pesawat juga dikeluhkan beberapa rekan Pegipegi, bahkan ada juga yang tetap merasa pusing meski udah turun dari pesawat sejak beberapa jam sebelumnya.

1 / 3
Selanjutnya