Permen Karet Tertelan? Apa Yang Harus Dilakukan

Apa yang Harus Dilakukan Jika Tertelan Permen Karet?
Permen Karet Tertelan? Apa Yang Harus Dilakukan
Mengunyah permen karet memang terasa nikmat./fimela.com

Jakarta, Nusantaratv.com - Pernahkah Anda tidak sengaja menelan permen karet? Sebagian orang mungkin menjawab ya. Apa yang Anda lakukan saat itu? Anda mungkin langsung panik dan merasa tersedak dan seperti ada yang menganggu di kerongkongan Anda.

Permen karet disukai oleh hampir segala usia, anak-anak maupun dewasa. Permen karet dibuat memang untuk dikunyah dan tidak ditelan. Namun, terkadang Anda tanpa sengaja menelannya.

Meski tidak berbahaya, permen karet yang tertelan tidak bisa dicerna dengan baik oleh tubuh. Permen karet memang tidak akan terjebak di perut selama bertahun-tahun, melainkan keluar melalui feses.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika tidak sengaja menelan permen karet?

Permen karet tertelan memang tidak berbahaya. Permen karet yang tertelan tidak akan diam saja di perut. Permen karet akan tetap berjalan melewati saluran pencernaan dan akan keluar melalui feses. Namun, proses tersebut memang membutuhkan waktu beberapa hari.

Selain itu, dalam kasus yang sangat jarang, masuknya permen karet ke dalam usus di saat Anda sedang sembelit bisa menyumbat usus. Apalagi jika permen karet yang tertelan dalam jumlah yang cukup banyak atau sering. Ini dapat membuat Anda semakin sulit buang air besar.

Sumbatan ini dapat terjadi jika permen karet tertelan bersama dengan benda asing seperti koin atau ketika ditelan dengan sesuatu yang sulit dicerna.

Oleh karena itu, usahakan jangan sampai menelan permen karet. Jauhkan juga permen karet dari anak Anda hingga ia paham betul bahwa permen karet tidak boleh ditelan.

Jika sudah begini, apa yang harus dilakukan? Jangan panik, ingat bahwa permen karet tidak akan mengendap di perut Anda. Permen karet akan tetap keluar bersama dengan feses Anda. Jangan berusaha memuntahkan permen karet yang tertelan dengan mengorek tenggorokan Anda.

Setelah Anda tidak sengaja menelan permen karet, segera minum air putih. Perbanyak minum air putih agar kerongkongan Anda terasa lebih nyaman dan tidak menutupnya sehingga membuat Anda tersedak.

Perlukah ke dokter? Seharusnya tidak, karena permen karet akan berjalan melewati saluran pencernaan seperti makanan biasa. Namun, jika Anda menelan permen karet dalam jumlah banyak atau dengan benda-benda yang tidak dapat dicerna lainnya, ini bisa menyebabkan penyumbatan. Jika ini terjadi, Anda mungkin memerlukan operasi untuk mengangkatnya dari saluran pencernaan Anda.

Gejala-gejala penyumbatan biasanya termasuk sakit perut dan sembelit, kadang-kadang disertai dengan muntah. Jika Anda memiliki gejala tersebut setelah menelan permen karet, segera periksa ke dokter.(hellosehat.com)



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0