Ini Ciri-ciri Pria Mandul

Untuk mengetahui pria mandul atau tidak adalah perkara yang sulit. Pasalnya, untuk mengetahui kondisi itu kita harus tahu jumlah dari sperma yang dihasilkan per mililiter. Kalau jumlahnya kurang dari 15 juta sel, pria bisa dikatakan mengalami penurunan fertilitas.
Ini Ciri-ciri Pria Mandul
Setiap pasangan menikah tentu menginginkan memiliki momongan./shutterstock

Jakarta, Nusantaratv.com - Untuk mengetahui pria mandul atau tidak adalah perkara yang sulit. Pasalnya, untuk mengetahui kondisi itu kita harus tahu jumlah dari sperma yang dihasilkan per mililiter. Kalau jumlahnya kurang dari 15 juta sel, pria bisa dikatakan mengalami penurunan fertilitas.

Kalau dilihat secara langsung, kemandulan mungkin tidak terlihat dengan jelas. Namun ada beberapa ciri fisik yang berkorelasi dengan kemandulan. Kalau Anda memiliki beberapa ciri di bawah ini disarankan untuk lebih waspada atau segera melakukan pemeriksaan.

Fungsi seksual menurun

Kalau fungsi seksual dari pria menurun seperti susah mendapatkan dan mempertahankan ereksi, bisa jadi ada masalah dengan kesuburannya. Pria yang mengalami kondisi tersebut biasanya bermasalah dengan kadar testosteron di dalam tubuh. Kalau hormon itu turun, sperma yang dihasilkan juga tidak akan banyak.

Volume mani menurun

Volume mani dari pria menjadi salah satu indikator banyak atau tidaknya sperma yang ikut dikeluarkan. Kalau air mani yang keluar sedikit, kemungkinan besar, sperma yang ikut keluar juga sedikit.

Rambut sering rontok

Gejala kemandulan lain yang sering terlihat dari pria adalah rontoknya rambut, Rontoknya rambut biasanya dipengaruhi oleh kondisi hormon testosteron yang terus turun pada pria.

Rasa sakit saat ejakulasi

Rasa sakit saat ejakulasi biasanya ada gangguan pada prostat dan organ lain di dalam area penis. Kondisi ini bisa menjadi tanda gangguan seksual dan juga reproduksi. Kalau pria mengalami sakit saat ejakulasi disarankan untuk segera memeriksakan diri.

Mengerutnya testis

Karena kondisi tertentu seperti terkena penyakit, testis akan mengalami pengerutan. Kondisi ini akan menyebabkan produksi sperma jadi menurun sehingga peluang pria mengalami kemandulan cukup besar.

Nah, semoga ciri fisik di atas tidak muncul pada kita semua ya. Mulai sekarang mari lebih memerhatikan kondisi kesehatan penis agar fungsi seksual dan reproduksinya tetap berjalan lancar.(doktersehat.co)

 



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0