Beberapa Jenis Makanan Penyebab Migrain

Migrain adalah sakit kepala yang timbul karena adanya perubahan aktivitas pada otak.
Beberapa Jenis Makanan Penyebab Migrain
Migrain sering dialami oleh wanita/hellosehat.com

Nusantaratv.com - Apakah Anda pernah merasakan migrain? Rasanya teramat sakit melebihi sakit kepala biasa, bukan? Satu dari lima wanita maupun satu dari 15 pria dilaporkan sering mengalami migrain. Migrain bahkan mulai bisa dirasakan dari masa kanak-kanak, lho! Ternyata ada banyak hal yang bisa memicu serangan migrain.

Apa itu migrain?

Migrain adalah sakit kepala yang timbul karena adanya perubahan aktivitas pada otak. Perubahan ini menyebabkan timbulnya rasa sakit di kepala dengan sensasi berdenyut yang teramat sangat menyakitkan. Mengetahui berbagai hal penyebab migrain dapat membantu Anda mengendalikan penyakit ini.

Anda memiliki migrain yang sering kambuh? Jangan hanya diatasi pakai obat, karena mungkin saja penyebabnya ada di makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Sebenarnya ada beberapa makanan yang jadi pemicu migrain, menurut penemu dan kepala direktur Kaplan Center for Integrative Medicine, Gary Kaplan, beberapa makanan dapat memicu adanya migrain. Makanan-makanan itu adalah sebagai berikut:

1. Makanan yang dipanggang
Makanan berbahan tepung terigu seperti roti, kue, pastry dan lain sebagainya sebaiknya kamu hindari. Entah kamu alergi gluten atau tidak, makanan ini mampu memicu inflamasi dan menyebabkan masalah neurologis, salah satunya migrain.

2. Makanan olahan
Jangan makan sosis, kentang goreng, nugget, kornet, mie instan dan segala makanan yang diolah dan siap makan. Bukan hanya kandungan sodium nitrat-nya yang memicu pembengkakan pada saraf, tapi juga meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh, yang aman bisa memicu migrain.

3. MSG
Monosodium glutamat bukan hanya bisa membuatmu gemuk, tapi juga menimbulkan migrain. Kurangi segala cemilan dan makanan yang mengandung MSG. Masak sendiri makananmu dan hanya gunakan bumbu dapur umum seperti gula dan garam.

Agar migrain berkurang dan tak sering kambuh, Gary menyarankan agar kamu banyak makan makanan yang mengandung asam lemak omega-3, magnesium, asam folat dan vitamin B.(parenting.orami.co.id)



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0