Awas!, BAB Sambil Main HP Dapat Terkena Wasir

Saking pentingnya HP, kita bahkan sering membawanya sampai ke toilet. Kebiasaan itu juga sudah menjadi hal umum bagi sebagian besar orang. Kalau kamu termasuk yang punya kebiasaan ini, sebaiknya segera dihentikan. Karena, kebiasaan ini ternyata dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Dokter secara khusus memperingatkan bahwa membawa HP ke toilet ternyata bisa berisiko terkena wasir atau ambeien. 
Awas!, BAB Sambil Main HP Dapat Terkena Wasir
BAB sambil bermain HP dapat berakibat terkena wasir./doktersehat.com

Nusantaratv.com – Handphone atau smartphone kini sudah menjadi barang wajib yang harus selalu ada dalam genggaman. Kini apapun bisa dilakukan menggunakan HP termasuk untuk transaksi di berbagai tempat.

Saking pentingnya HP, kita bahkan sering membawanya sampai ke toilet. Kebiasaan itu juga sudah menjadi hal umum bagi sebagian besar orang.

BACA JUGA : Ini Cara Cepat Hilangkan Bekas Cupang

Kalau kamu termasuk yang punya kebiasaan ini, sebaiknya segera dihentikan. Karena, kebiasaan ini ternyata dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Dokter secara khusus memperingatkan bahwa membawa HP ke toilet ternyata bisa berisiko terkena wasir atau ambeien. 

Mengapa demikian? Wasir terjadi karena ada pembengkakan pembuluh darah di anus. Penyebabnya pun beragam, salah satunya adanya tekanan berlebihan pada pembuluh darah di anus.

Mulai dari kebiasaan duduk terlalu lama, mengejan terlalu keras karena sering sembelit, dan kebiasaan main HP saat BAB sama-sama berisiko membuat kamu terkena wasir.

Dr Sarah Jarvis, GP dan Direktur Klinis patient.info kepada The Sun mengatakan bahwa sembelit atau kesulitan buang air besar adalah faktor risiko utama untuk tumpukan kotoran, hingga batuk kronis.

BACA JUGA :  3 Bahaya Cupang yang Perlu Diketahui

“Jika di masa lalu, beberapa dari kami membawa buku ke toilet, hari ini orang lebih cenderung membawa ponsel ke toilet,” kata dia seperti dikutip laman Mirror. 

Dr Jarvis juga menyarankan bahwa, untuk membantu menghindari sembelit, kamu harus menambahkan banyak serat ke dalam makanan. Selain itu, pastikan untuk minum cairan yang cukup, dan berolahraga secara teratur.

Sumber : viva.co.id



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0