Keluarga Korban Sriwijaya Air SJ 182 Tuntut Boeing

Di laporkan gugatan tersebut diajukan pada Kamis (15/4) di Pengadilan Tinggi King County atas nama 16 keluarga korban kecelakaan.

Pesawat Sriwijaya Air/ist

Jakarta, Nusantara TV-Keluarga korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di Kepulauan Seribu dikabarkan mengajukan tuntutan hukum kepada perusahaan produsen pesawat Boeing. 

Tuntutan hukum yang diajukan di Seattle tersebut terkait dugaan tidak berfungsinya sistem autothrottle pada pesawat tua Sriwijaya Air.

Di laporkan gugatan tersebut diajukan pada Kamis (15/4) di Pengadilan Tinggi King County atas nama 16 keluarga korban kecelakaan. 

Dalam gugatan tersebut disebutkan insiden pada Boeing 737 sebelumnya yang melibatkan kegagalan fungsi sistem autothrottle seharusnya mendorong Boeing mendesain ulang sistem tersebut. Autothrottle adalah sistem pengaturan daya yang digunakan pilot dalam mengemudikan pesawat.

Baca juga: Terungkap, Autopilot Sriwijaya Air SJ182 Tak Aktif, Ketinggian Menurun

Boeing sendiri telah menyampaikan simpati kepada keluarga dan orang-orang terkasih dari orang-orang yang meninggal dalam kecelakaan 9 Januari itu, tetapi menambahkan bahwa "tidak pantas untuk berkomentar sementara para ahli teknis kami terus membantu penyelidikan, atau pada proses pengadilan yang tertunda."

Menurut informasi, pesawat Sriwijaya Air Boeing 737 yang jatuh tersebut tidak digunakan selama sembilan bulan pada tahun lalu karena pandemi covid-19 telah memangkas perjalanan lewat udara. Kementerian Perhubungan telah menerbitkan sertifikat kelaikan udara baru untuk pesawat tersebut pada bulan Desember yang memungkinkannya terbang lagi.

Berdasarkan laporan awal kecelakaan penerbangan SJ182 oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), catatan pemeliharaan menunjukkan bahwa pilot berulang kali melaporkan masalah pada autothrottle pada hari-hari sebelum terjadinya penerbangan fatal itu. 

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute penerbangan Jakarta-Pontianak jatuh di Kepulauan Seribu pada Sabtu 9 Januari 2021. Kecelakaan menewaskan 62 orang. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK