Kominfo Blokir Layanan Internet di Papua dan Papua Barat

Pemblokiran internet dilakukan sampai keadaan di Papua dan Papua Barat kondusif
Kominfo Blokir Layanan Internet di Papua dan Papua Barat
Warga Manokwari, Papua Barat turun ke jalan

Jakarta, Nusantaratv.com -Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memutuskan memblokir layanan data internet di Papua dan Papua Barat. Upaya ini guna menjaga kondusifitas kedua wilayah tersebut, pasca insiden di Jawa Timur yang berujung kerusuhan di sejumlah daerah di Papua dan Papua Barat.

"Untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya, setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI memutuskan untuk melakukan pemblokiran sementara layanan data telekomunikasi," ujar Plt Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan tertulis, Rabu (21/8/2019).

Pemblokiran ini berlaku mulai hari ini, hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Hingga suasana tanah Papua kembali kondusif dan normal," imbuh Ferdinandus.

Sebelumnya, Kominfo membatasi akses internet di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat. Tujuannya mencegah peredaran hoaks. Kebijakan ini menyikapi kerusuhan yang terjadi di sejumlah kota di Papua Barat dan Papua, akibat penyerangan asrama mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur, serta dugaan aksi rasisme.

Pengepungan asrama mahasiswa Papua yang dilakukan oleh ormas dan TNI-Polri itu, dilakukan setelah beredar kabar adanya pelecehan terhadap bendera Merah Putih yang disinyalir dilakukan mahasiswa Papua penghuni asrama.