Unik! Aksi Emak-emak di Tengah Demo yang Bikin Geleng Kepala

Di tengah hiruk-pikuknya para pengunjuk rasa, ada beberapa kejadian menarik yang dilakukan oleh emak-emak.
Supriyanto - Kamutau?,Minggu, 11-10-2020 14:09 WIB
Unik! Aksi Emak-emak di Tengah Demo yang Bikin Geleng Kepala
Tak mau ketinggalan meski harus naik truk. Emak-emak ini mau ikut berunjuk rasa.

Nusantaratav.com - Dari aksi demo menentang disahkannya Omnibus Law atau Undang-Undang Cipta Kerja yang terjadi 8 Oktober 2020 lalu ada beberapa kejadian menarik yang sayang kalau dilewatkan.

Di tengah hiruk-pikuknya para pengunjuk rasa, ada beberapa kejadian menarik yang dilakukan oleh emak-emak. Seperti engga ada takutnya emak-emak ini menyeruak di tengah demo, ada yang mencari-cari anaknya, ada yang tak mau ketinggalan ikut berdemo meski harus berdesakan naik truk dan seorang emak-emak yang mengendarai motor dengan beberapa ekor bebek di belakangnya.

Perilaku ‘the power of emak-emak’ di tengah aksi buruh itu terekam kamera amatir, dan viral di media sosial. 

Baca Juga: Viral Emak-emak Vs Polisi, Aksinya Kocak

Berikut 5 Aksi kocak emak-emak yang terekam kamera dan viral di media sosial sepanjang demo Omnibus Law yang terjadi di beberapa daerah. 

1. Seorang emak jemput anaknya


Seorang pemuda yang lagi ikut aksi demo, dijemput dan disuruh pulang oleh emak-emak berdaster.

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @na_dirs pada 8 Oktober 2020, terlihat seorang emak-emak meski hanya berdaster menemui anaknya yang sedang berdemo dan menyuruhnya pulang.

Emak-emak yang mengenakan daster berwarna merah itu diduga adalah ibu dari pemuda tersebut. “Emak yang penuh dedikasi dan tanggungjawab sama anaknya emang begini” komentar seorang pendemo.

Anaknya yang lagi ikutan demo disusul dan disuruh pulang: ‘jangan lupa bantu cuci piring emak yah!’” tulis akun @na_dirs dalam keterangan unggahannya.

Dengan sedikit memaksa, emak-emak berdaster itu mendorong bahu si pemuda tersebut agar keluar dari kerumunan dan menyuruhnya pulang.

Meski tampak ada rasa kesal dan malu, si pemuda itu akhirnya menuruti perintah emaknya. Kejadian itu pun mendapat sorakan dari teman-teman pendemo lain.

Ada warganet yang ‘nyeletuk’ soal kehebatan si emak yang mampu menemukan anaknya di tengah massa yang berdemo.

2. Naik truk

Tidak hanya di Jakarta, aksi demo buruh pun terjadi di Kota Kembang, Bandung. Ada cerita menarik tertangkap kamera di daerah Cimahi. 

Aksi buruh berdemo menolak disahkannya UU Cipta Kerja itu melibatkan banyak anggota masyarakat tak terkecuali emak-emak. Dari tangkapan layar di daerah Cimahi, nampak beberapa emak-emak tak mau ketinggalan ikut berdemo ke kota Bandung, meski mereka harus naik truk berdesakan dengan pendemo laki-laki.

Bersama dengan serikat federasi buruh, para emak-emak yang berprofesi sebagi buruh di daerah Cimahi, Jawa Barat ini dengan antusias mengikuti aksi massa.

Di laman instagram @konfederasikasbi_ diunggah foto perjuangan emak-emak ketika hendak mengikuti aksi massa di Kota Kembang (Bandung), Jawa Barat.

Dalam captionnya, akun milik KASBI itu menjelaskan bahwa, adegan emak-emak naik truk tak hanya ada di dalam film dokumenter.

3. Bawa bebek terobos barikade polisi


Emak-emak bawa bebek terobos barikade

Lain lagi yang terjadi di Samarinda, Kalimantan Timur, polisi yang tengah membuat barikade dengan menutup jalan untuk menghalangi pergerakan para buruh yang berdemo, dibuat melongo oleh aksi emak-emak yang nekat minta dibukakan jalan untuk lewat. 

Tanpa ada rasa takut dan tak peduli dengan situasi yang tengah memanas, emak-emak ini dengan nekat mendekati barisan barikade polisi, minta dibukakan jalan karena mau antar bebek ke pelanggan.

Nampak dalam tangkapan layar, emak-emak dengan helm berwarna ungu mengendarai sepeda motor dengan membonceng belasan bebek di belakangnya. Beberapa mahasiswa pun nampak membantu mendorong motor emak-emak tersebut untuk menerobos ke arah barikade Polisi.

Video ini diposting di akun Instagram @Lucu Abis dan sudah diputar 118,549 kali dalam 2 jam sejak diposting.

4. Ambil sendal

Emak-emak ambil sendal jepit

Satu lagi aksi emak-emak yang bikin geleng-geleng kepala terjadi di tengah hiruk pikuk aksi demo tanggal 8 Oktober 2020 beberapa hari lalu.

Hanya gegera sandal jepitnya lepas dan ke injak-injak oleh sepatu polisi yang tengah menyusun barikade, emak-emak ini dengan berani mendorong barikade Polisi tersebut sambil mencari-cari sandalnya yang lepas.

Dalam video berdurasi 15 detik itu, seorang emak-emak berhijab nampak mendorong barisan barikade polisi. Tanpa rasa takut dan dengan ekspresi yang tenang, emak-emak itu mengambil sandal jepitnya yang tergeletak di antara polisi-polisi yang sedang ambil formasi.

Tak ada yang tahu bagaimana sandal si emak-emak bisa tergeletak di sana. Namun yang pasti aksi si emak-emak di puji banyak warganet.

Video yang diposting akun @lucu.abis itu telah tayang sebanyak 224 ribu kali dalam 21 jam terakhir.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0