Peristiwa Sejarah 13 Agustus 

Pembangunan Tembok Berlin juga dibarengi dengan didirikannya menara penjaga sepanjang tembok ini.
Supriyanto - Kamutau?,Kamis, 13-08-2020 17:16 WIB
Peristiwa Sejarah 13 Agustus 
Tembok Berlin, tembok pemisah Jerman Barat dengan Jerman Timur, dibangun pada 13 Agustus 1961.

Nusantaratv.com - Mempelajari sejarah memungkinkan manusia zaman sekarang mengetahui kesalahan-kesalahan manusia di masa lalu atau mengetahui kunci keberhasilan para pendahulu. Mengetahui kelemahan dan kekurangan di masa silam berguna agar manusia zaman sekarang tidak mengulangi lagi di masa sekarang dan masa mendatang.

Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 13 Agustus, dari tahun ke tahun. Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi catatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 13 Agustus, yang dirangkum dari wikipedia.org:

1920
Perang Polandia-Soviet (Februari 1919 – Maret 1921). Ini adalah konflik bersenjata antara Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia dan Republik Sosialis Soviet Ukraina melawan Republik Polandia Kedua dan Republik Rakyat Ukraina, empat negara yang lahir sesudah Perang Dunia I.

Baca Juga: Bom Atom Nagasaki Picu Kemerdekaan RI

Perang ini adalah akibat dari usaha ekspansionis. Polandia, yang kenegaraannya baru saja didirikan oleh Perjanjian Versailles diikuti Pembagian Polandia pada akhir abad ke-18, berusaha menguasai kembali teritori yang hilang ketika pembagian.

Tujuan Soviet adalah untuk menguasai teritori yang sama, yang menjadi bagian dari Kekaisaran Rusia sampai peristiwa pergolakan Perang Dunia I.

Kedua negara masing-masing mengklaim kemenangan dalam peperangan: Polandia mengklaim berhasil mempertahankan negara mereka, sementara Soviet mengklaim memukul mundur invasi Polandia ke Ukraina dan Belarus, yang dianggap Soviet sebagai bagian dari intervensi asing terhadap Perang Saudara Rusia.

1961
13 Agustus 1961, dimulainya pembangunan Tembok Berlin. Tembok ini menjadi pemisah antara Jerman Barat dan Jerman Timur dan dibangun oleh Pemerintah Jerman Timur.

Pembangunan Tembok Berlin juga dibarengi dengan didirikannya menara penjaga sepanjang tembok ini. Ada juga pembuatan sebuah daerah terlarang yang diisi ranjau anti-kendaraan.

Blok Timur menyatakan bahwa tembok ini dibangun untuk melindungi para warganya dari elemen-elemen fasis yang dapat memicu gerakan-gerakan besar, sehingga mereka dapat membentuk pemerintahan komunis di Jerman Timur.

Meski begitu, dalam praktiknya, ternyata tembok ini digunakan untuk mencegah semakin besar larinya penduduk Berlin Timur ke wilayah Berlin Barat, yang berada dalam wilayah Jerman Barat.

1960
Republik Afrika Tengah Merdeka adalah negara koloni dari Prancis. Mereka mencapai kemerdekaan pada 13 Agustus 1960.

Dahulu Republik Afrika Tengah bernama Ubangi-Shari. Negara ini berbatasan dengan dengan Chad, Sudan, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo, dan Kamerun.

1999
Nisshoki jadi Bendera Nasional Jepang sesuai Aturan Tentang Bendera Nasional dan Lagu Kebangsaan Nasional yang diumumkan dan berlaku sejak Jumat 13 Agustus 1999

Baca Juga: Sejarah Asal Mula Nama Indonesia

Nisshoki dalam bahasa Jepang, namun secara umum dikenal sebagai Hinomaru atau “lingkaran matahari”.

Meskipun pada masa sebelumnya tidak ada undang-undang mengenai bendera nasional, bendera lingkaran matahari ini telah menjadi bendera nasional Jepang secara de facto.

2013
KPK menangkap Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi, Rudi Rubiandini atas kasus korupsi.

Sumber:  galamedia.pikiran-rakyat.com

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0