Peristiwa 5 Agustus: Aktris Marilyn Moenroe Meningggal dan Hotel JW Marriot di Bom

Mengetahui kelemahan dan kekurangan di masa silam berguna agar manusia zaman sekarang tidak mengulangi lagi di masa sekarang...
Supriyanto - Kamutau?,Rabu, 05-08-2020 12:06 WIB
Peristiwa 5 Agustus: Aktris Marilyn Moenroe Meningggal dan Hotel JW Marriot di Bom
Marilyn Monroe ditemukan tewas pada 5 Agustus 1962/Instagram/@marilynmonroe

Nusantaratv.com - Mempelajari sejarah memungkinkan manusia zaman sekarang mengetahui kesalahan-kesalahan manusia di masa lalu atau mengetahui kunci keberhasilan para pendahulu. Mengetahui kelemahan dan kekurangan di masa silam berguna agar manusia zaman sekarang tidak mengulangi lagi di masa sekarang dan masa mendatang.

Dalam ulasan peristiwa sejarah yang terjadi 5 Agustus kali ini salah satu yang akan dibahas mengenai sosok aktris Marilyn Moenro yang kedapatan meninggal pada tanggal 5 Agustus 1962. Pada tanggal ini beberapa peristiwa lain juga pernah terjadi seperti peristiwa pencaplokan Latvia oleh Uni Soviet, terjadi ledakan bom di hotel JW Marriot dan peristiwa gempa bumi yang mengguncang daerah Lombok.

Baca Juga: Bukan Antek Penjajah

Selain peristiwa tersebut, sederet kejadian tragis juga tercatat sejarah terjadi pada tanggal 5 Agustus  telah dirangkum di bawah ini.

1940 – Uni Soviet Caplok Latvia

  • Pada 5 Agustus 1940, Uni Soviet secara resmi menganeksasi Latvia. Latvia menjadi negara ke-15 yang bergabung dengan negara Sosialis itu. Soviet kemudian kian membesar dan terlibat perang dingin dengan Amerika Serikat. Uni Soviet sendiri kemudian resmi runtuh pada 26 Desember 1991

1947 - Agresi Militer Belanda I berakhir

  • Nama Agresi Militer Belanda I adalah operasi militer Belanda di Jawa dan Sumatera terhadap Republik Indonesia yang dilaksanakan dari 21 Juli 1947 sampai 5 Agustus 1947.
  • Istilah yang dibuat oleh Letnan Gubernur Jenderal Johannes van Mook ini menegaskan bahwa hasil Perundingan Linggarjati pada 25 Maret 1947 tidak berlaku lagi.
  • Operasi militer ini merupakan bagian dari Aksi Polisionil yang diberlakukan Belanda dalam rangka mempertahankan penafsiran Belanda atas Perundingan Linggarjati. Dari sudut pandang Republik Indonesia, operasi ini dianggap merupakan pelanggaran dari hasil Perundingan Linggarjati.

1962 - Presiden Soekarno meresmikan Hotel Indonesia

  • Hotel Indonesia adalah hotel bintang 5 pertama yang dibangun di Jakarta, Indonesia. Hotel ini diresmikan pada tanggal 5 Agustus 1962 oleh Presiden RI Pertama, Soekarno untuk menyambut Asian Games IV tahun 1962. Bangunan Hotel Indonesia dirancang oleh arsitek Abel Sorensen dan istrinya, Wendy, asal Amerika Serikat.
  • Menempati lahan seluas 25.082 meter persegi, hotel ini mempunyai slogan A Dramatic Symbol of Free Nations Working Together. Hotel ini ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemda DKI dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475 tanggal 29 Maret 1993.

1962Marilyn Monroe Meninggal

  • Aktris film Norma Jean Morteson atau dikenal dengan nama panggung Marilyn Monroe ditemukan tewas pada 5 Agustus 1962, di kediamannya di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Saat ditemukan, jasad perempuan multitalenta ini dalam keadaan tak berbusana dan memegang telepon genggam.
  • Polisi setempat melakukan penyelidikan setelah menemukan jasad Marilyn. Diduga pemain film Bus Stop ini meninggal lantaran overdosis obat depresi dengan modus bunuh diri.

2003 - Bom JW Marriott 2003 menewaskan 12 orang dan cederai 150 orang

  • Pada 5 Agustus 2003 sekitar pukul 12.44, terjadi ledakan yang berasal dari bom bunuh diri menggunakan mobil Toyota Kijang bernomor polisi B 7462 ZN yang dikendarai Asmar Latin Sani. Ledakan bom di Hotel JW Marriott tahun 2003 dipicu melalui sebuah telepon seluler yang ditemukan di TKP.
  • Ledakan tersebut menewaskan 14 orang dan mencederai 156 orang. Para korban segera dilarikan ke rumah sakit antara lain RS MMC Kuningan, RS Medistra, RS Jakarta, RS Mintohardjo, dan RS Cipto Mangunkusumo.
  • Akibat peristiwa itu, Hotel JW Marriott ditutup selama 5 minggu dan kembali buka pada 8 September 2003.

2018 - Gempa 7 SR guncang Lombok Indonesia dan 91 orang meninggal


Yang tersisa dari gempa Lombok, selembar foto bergambar dua orang anak terdapat di reruntuhan akibat gempa bumi di Desa Jeringo, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Rabu (22/8/2018). (Foto: Antara/Ahmad Subaidi)

Baca Juga: Laksamana Maeda, Perwira Jepang yang Amat Berjasa Bagi Indonesia

  • Gempa bumi Lombok Agustus 2018 adalah sebuah gempa darat berkekuatan 7 Mw yang melanda Pulau Lombok, Indonesia pada tanggal 5 Agustus 2018, pukul 19:46 WITA. Pusat gempa berada di 18 km barat laut Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat dengan kedalaman 32 km.
  • Data Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) menyebutkan 259 orang meninggal dunia, 1.033 luka berat dan 270.168 warga mengungsi.

Sumber: okezone.com

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0