Lahir 2 Oktober, Mahatma Gandhi Tewas Ditembak

Hari ini 2 Oktober diperingati sebagai hari kelahiran tokoh gerakan kemerdekaan India, Mahatma Gandhi.
Alamsyah - Kamutau?,Jumat, 02-10-2020 00:00 WIB
Lahir 2 Oktober, Mahatma Gandhi Tewas Ditembak
Tokoh kemerdekaan India Mahatma Gandhi

Jakarta, Nusantaratv.com - Pada tanggal 2 Oktober 1869, Putlibai Gandhi dan Karamchand Gandhi, resmi memiliki seorang anak yang kemudian mereka sematkan nama Mahatma Gandhi.

Lahir di Porbandar, Gujarat, India Britania, Mahatma Gandhi kemudian dikenal sebagai pemimpin spiritual dan politikus.

Gandhi adalah salah seorang yang paling penting yang terlibat dalam Gerakan Kemerdekaan India. Ia adalah aktivis yang tidak menggunakan kekerasan, mengusung gerakan kemerdekaan melalui aksi demonstrasi damai. 

Sebelum menjadi seorang aktivis dan politikus, Mahatma Gandhi sempat menekuni ilmu hukum. Setelahnya dia menjadi pengacara. Gandhi kemudian pergi ke Afrika Selatan, sebuah koloni Inggris, di mana dia mengalami diskriminasi ras yang dinamakan apartheid.

Dia kemudian memutuskan untuk menjadi seorang aktivis politik agar dapat mengubah hukum-hukum yang diskriminatif tersebut. Gandhi pun membentuk sebuah gerakan non-kekerasan.

Ketika kembali ke India, dia membantu dalam proses kemerdekaan India dari jajahan Inggris; hal ini memberikan inspirasi bagi rakyat di koloni-koloni lainnya agar berjuang mendapatkan kemerdekaannya dan memecah Kemaharajaan Britania untuk kemudian membentuk Persemakmuran.

Rakyat dari agama dan suku yang berbeda yang hidup di India kala itu yakin bahwa India perlu dipecah menjadi beberapa negara agar kelompok yang berbeda dapat mempunyai negara mereka sendiri. 
Banyak yang ingin agar para pemeluk agama Hindu dan Islam mempunyai negara sendiri. Gandhi adalah seorang Hindu namun dia menyukai pemikiran-pemikiran dari agama-agama lain termasuk Islam dan Kristen. 

Dia percaya bahwa manusia dari segala agama harus mempunyai hak yang sama dan hidup bersama secara damai di dalam satu negara.

Pada 1947, India menjadi merdeka dan pecah menjadi dua negara, India dan Pakistan. Hal ini tidak disetujui Gandhi.

Prinsip Gandhi, satyagraha, sering diterjemahkan sebagai "jalan yang benar" atau "jalan menuju kebenaran", telah menginspirasi berbagai generasi aktivis-aktivis demokrasi dan anti-rasisme seperti Martin Luther King, Jr. dan Nelson Mandela. 

Gandhi sering mengatakan kalau nilai-nilai ajarannya sangat sederhana, yang berdasarkan kepercayaan Hindu tradisional: kebenaran (satya), dan non-kekerasan (ahimsa).

Mahatma Gandhi meninggal dunia dengan cara tragis pada 30 Januari 1948. Dia dibunuh dari jarak dekat oleh Nathuram Godse. Sejak tahun 1934, telah ada lima upaya gagal untuk membunuh Gandhi di Rumah Birla (Gandhi Smriti). Gandhi berada di luar di tangga sebuah bangunan di mana pertemuan doa itu akan terjadi. Dia dikelilingi oleh bagian dari keluarganya dan beberapa pengikutnya ketika tiga tembakan membunuhnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0