KAMI yang Serukan Tritura Dibentuk Hari ini

Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) dibentuk hari ini 25 Oktober, 55 tahun silam.
Alamsyah - Kamutau?,Minggu, 25-10-2020 00:00 WIB
KAMI yang Serukan Tritura Dibentuk Hari ini
Demo KAMI tahun 1965

Jakarta, Nusantaratv.com - Hari ini 55 tahun silam atau pada 25 Oktober 1965, sekelompok anak muda yang anti komunis membentuk Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia atau yang disingkat dengan KAMI

KAMI dibentuk pada saat terjadinya pergolakan di akhir Orde Lama (Orla) setelah pemberontakan G-30-S terjadi. Kala itu menteri PTIP memberi izin karena KAMI memiliki tujuan utama yakni menumpas habis Gestapu/PKI. 

Kendati usianya hanya 4 bulan saja sejak pertama dibentuk, KAMI sempat menggetarkan Indonesia dengan berbagai gerakan dan aksi-aksi selama 60 hari, sampai keluarnya keputusan KOGAM Keroncong No. 041/1966 yang mencabut ijin KAMI pada 25 Feb 1966.

Adapun pokok perjuangan KAMI melawan Orde Lama dituangkan dalam sebuah tuntutan yang populer disebut Tritura (Tiga Tuntutan Rakyat), Bubarkan PKI, Turunkan Harga dan Rombak Kabinet Dwikora.

Setelah KAMI mengeluarkan Tritura, rentetan demonstrasi terjadi dimana-mana menyuarakan tiga tuntutan itu. Klimaks dari gelombang demontrasi itu, akhirnya diikuti keluarnya Surat Perintah 11 Maret 1966 (Supersemar) oleh Presiden Soekarno yang memerintahkan kepada Mayor Jenderal Soeharto selaku panglima Angkatan Darat untuk mengambil tindakan yang perlu untuk memulihkan keamanan dan ketertiban.

KAMI telah melahirkan gerakan-gerakan kelompok-kelompok lain dalam masyarakat, sehingga kemudian terbentuk pula kesatuan aksi di kalangan pemuda dan pelajar (KAPPI), pelajar (KAPI), wanita (KAWI), sarjana (KASI), pengusaha nasional (KAPNI), tani (KATI), buruh (KABI) dll. Di antara tokoh-tokoh KAMI dapat disebutkan: Cosmas Batubara, Abdul Gafur, Zamroni, David Napitupulu dll.

Kelompok atau organisasi dengan menggunakan singkatan KAMI juga baru saja dibentuk di tahun 2020 ini. KAMI versi baru ini memiliki singkatan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia. KAMI versi baru didirikan dan dicetuskan antara lain oleh, Ahmad Yani, Rocky Gerung, Din Syamsuddin, Gatot Nurmantyo, Rochmad Wahab, Meutia Farida Hatta, Malem Sambat Kaban, Said Didu, Refly Harun, Ichsanuddin Noorsy, Lieus Sungkharisma, Jumhur Hidayat, Abdullah Hehamahua, dan Amien Rais.
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
1
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0