Hari ini Jokowi-Ahok Dilantik Sebagai Gubernur dan Wagub DKI Jakarta

Tepat pada tanggal 15 Oktober 2012, pasangan Jokowi dan Ahok dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Periode...
Alamsyah - Kamutau?,Kamis, 15-10-2020 00:00 WIB
Hari ini Jokowi-Ahok Dilantik Sebagai Gubernur dan Wagub DKI Jakarta
Jokowi dan Ahok saat pimpin ibukota

Jakarta, Nusantaratv.com - Delapan tahun lalu atau pada 15 Oktober 2012, ibukota DKI Jakarta memiliki Gubernur dan Wakil Gubernur baru yakni pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Sebelum dilantik, Jokowi dan Ahok ditetapkan sebagai pemenang Pilgub DKI Jakarta pada 29 September 2012. Keduanya menumbangkan nama-nama besar selain Fauzi Bowo, seperti Hidayat Nur Wahid, Alex Noerdin, dan Faisal Batubara.

Pilgub itu sendiri berlangsung dalam dua kali putaran. Yakni yang pertama pada 11 Juli 2012, dengan enam pasangan calon, yakni Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli, Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria, Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama, Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini, Faisal Batubara-Biem Triani Benjamin, dan Alex Noerdin-Nono Sampono.

Hasil quickcount putaran pertama sangat mengejutkan. Pasangan Jokowi-Ahok menang di lima kota dan 31 kecamatan sekaligus dengan perolehan suara lebih dari 42 persen. Menumbangkan petahana Fauzi-Nachrowi yang berada pada urutan kedua. Hasil Pilgub DKI putaran pertama diumumkan KPU pada 20 Juli 2012.

Selanjutnya, pada putaran kedua, tersisalah pasangan Jokowi-Ahok berhadapan dengan pasangan Fauzi-Nachrawi, atau lebih akrab disebut pasangan Foke-Nara. Pilgub DKI putaran kedua berlangsung pada 20 September 2012.

Kemudian, hasil putaran kedua diumumkan oleh KPU pada Sabtu 29 September 2012, setelah proses rekapitulasi dipastikan selesai. Pasangan Jokowi-Ahok kemudian keluar sebagai pemenang Pilgub DKI dengan perolehan suara 53,82 persen atau 2.472.130 suara, sedangkan Foke-Nara meraup 46,18 persen atau 2.120.815 suara.

Selang dua tahun kemudian atau pada tanggal 2 Oktober 2014, Jokowi membacakan surat pengunduran diri sebagai Gubernur DKI Jakarta di depan anggota DPRD DKI Jakarta dalam rapat paripurna, Pembacaan surat itu digelar di ruang rapat DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

Jabatan Gubernur DKI Jakarta kemudian dipegang oleh Ahok. Jokowi mundur dari kursi Gubernur DKI Jakarta karena dirinya bersama Jusuf Kalla ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2014-2019.

Hingga kini Jokowi masih menduduki kursi Presiden RI bersama wakilnya KH Ma'ruf Amin. Sedangkan Ahok sempat mengalami persoalan hukum dan dijebloskan ke penjara atas kasus penistaan agama.

Setelah bebas, Jokowi melantik Ahok menjadi Komut Pertamina pada November 2019.  

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0