Hari Ini John F. Kennedy Tewas Ditembak

Hari ini 22 November 57 tahun lalu Presiden AS John F. Kennedy tewas ditembak
Alamsyah - Kamutau?,Minggu, 22-11-2020 00:00 WIB
Hari Ini John F. Kennedy Tewas Ditembak
John F. Kennedy bersama Prsiden Soekarno

Jakarta, Nusantaratv.com - Tepat pada tanggal 22 November 1963 atau 57 tahun silam, Presiden AS John F. Kennedy meregang nyawa. Ia ditembak sekali di leher kemudian mengenai tulang rusuk kanannya.

Saat itu Kennedy dalam kunjungan politik ke Texas untuk meredam gesekan di internal Partai Demokrat antara kader liberal Ralph Yarborough dan Don Yarborough dan kader konservatif John Connally.

Kennedy dilarikan ke Rumah Sakit Parkland Memorial untuk mendapat perawatan darurat, tetapi dinyatakan meninggal dunia pukul 13:00.

Dalam usia 46 tahun, Presiden Kennedy wafat lebih cepat daripada presiden AS mana pun sampai sekarang. Lee Harvey Oswald, karyawan Texas School Book Depository yang diduga menembak dari gedung depositori tersebut, ditangkap atas tuduhan pembunuhan seorang polisi lokal J. D. Tippit, tetapi tidak pernah dituduh membunuh Kennedy. 

Ia membantah telah menembak orang dan mengklaim dirinya kambing hitam. Ia dibunuh oleh Jack Ruby pada tanggal 24 November sebelum Oswald sendiri diperiksa atau diadili. Oswald dilarikan dengan ambulans ke Rumah Sakit Parkland Memorial untuk perawatan darurat, tetapi Oswald dinyatakan meninggal dunia pada pukul 13:07 pada usia 24 tahun. 

Ruby kemudian ditangkap dan dituduh membunuh Oswald. Ruby memenangkan banding melawan tuduhan dan vonis matinya, namun jatuh sakit dan meninggal akibat kanker pada 3 Januari 1967 ketika tanggal sidang barunya sedang disusun.

Presiden Johnson membentuk Komisi Warren—dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Earl Warren—untuk menyelidiki pembunuhan ini. Komisi Warren menyimpulkan Oswald sebagai pembunuh tunggal. 

Hasil penyelidikan ini diragukan oleh banyak pihak. Pembunuhan ini menjadi peristiwa penting dalam sejarah Amerika Serikat karena dampaknya terhadap keseluruhan negara dan pengaruh politik yang muncul sesudahnya. 

Survei Fox News tahun 2004 menunjukkan bahwa 66% warga AS menduga ada konspirasi untuk membunuh Presiden Kennedy, sedangkan 74% menduga kebenarannya dirahasiakan dari publik. Survei Gallup Poll pada pertengahan November 2013 menunjukkan 61% responden mempercayai konspirasi dan hanya 30% yang percaya Oswald melakukannya sendiri.

Kennedy menjadi Presiden Amerika Serikat keempat yang meninggal karena dibunuh setelah Abraham Lincoln, James A. Garfield dan William McKinley.

Misa requiem diadakan untuk Kennedy di Cathedral of St. Matthew the Apostle pada tanggal 25 November 1963. Setelah itu, jasad John F. Kennedy dikuburkan di lahan pemakaman kecil (20 x 30 kaki) di Pemakaman Nasional Arlington. Dalam kurun 3 tahun, (1964–66), sekira 16 juta orang telah mengunjungi makamnya. 

Tanggal 14 Maret 1967, jasad Kennedy dipindahkan ke lahan pemakaman dan nisan permanen di Arlington. Pemakamannya dipimpin oleh Pendeta John J. Cavanaugh. Makam Bobby dan Ted dirancang mengikuti nisan John.

Istri Kennedy, Jacqueline dan dua anak bungsunya juga dimakamkan bersamanya. Adiknya, Senator Robert Kennedy, dimakamkan di dekat John pada Juni 1968. Pada Agustus 2009, adiknya, Senator Edward M. Kennedy, juga dimakamkan dekat kedua kakaknya. Makam John F. Kennedy diterangi "Api Abadi". 

Sumber: Wikipedia

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0