Catatan Peristiwa Sejarah 30 Juli

Dalam pertandingan final, pada waktu 90 menit Inggris bermain imbang melawan Jerman Barat dengan skor akhir 2-2.
Supriyanto - Kamutau?,Kamis, 30-07-2020 11:04 WIB
Catatan Peristiwa Sejarah 30 Juli
Ratu Elizabeth II (kiri) menyerahkan Trofi Jules Rimet kepada kapten Timnas Inggris Bobby Moore (kanan) setelah timnya berhasil menjadi juara Piala Dunia, 30 Juli 1966. (Wikimedia.org)

Nusantaratv.com — Untuk pertama kalinya Inggris memenangi kejuaraan sepakbola dunia pada 30 Juli 1966. Dalam pertandingan final, pada waktu 90 menit Inggris bermain imbang melawan Jerman Barat dengan skor akhir 2-2. Dalam perpanjangan waktu Inggris berhasil mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2 dan berhak menyandang gelar Juara Piala Dunia Sepakbola sejagad.

Dikutip dari Solopos.com dan sumber lain, inilah beberapa peristiwa sejarah dunia yang terjadi pada tanggal 30 Juli.

1912
Kaisar Jepang, Mutsuhito atau yang lebih dikenal sebagai Kaisar Meiji, meninggal dunia karena penyakit Uremia yang ia derita. Pada masa kepemimpinannya, Jepang mengalami kemajuan pesat di berbagai sektor melalui Restorasi Meiji. Kaisar Meiji yang memimpin Jepang sejak 1867 lantas digantikan putranya, Yoshihito yang lantas dikenal sebagai Kaisar Taisho.

1930

Final Piala Dunia FIFA pertama dilangsungkan di Montevideo , Uruguay , yang berakhir 4-2 untuk kemenangan Uruguay atas Argentina.

1932

Walt Disney merilis kartun warna pertamanya, “Bunga dan Pohon,” dibuat dalam Technicolor tiga warna.

1945
Kapal penjelajah milik Amerika Serikat (AS), USS Indianapolis, tenggelam di perairan Okinawa setelah ditorpedo kapal selam milik Jepang. Peristiwa itu menewaskan 883 orang yang berada di USS Indianapolis.

1953
Federal Bureau of Investigation (FBI) atau Biro Investigasi Federal menangkap enam tokoh komunis di kota Philadelphia, Amerika Serikat (AS) atas tuduhan mengajarkan siswa sekolah tentang penggulingan pemerintahan yang sah. Setelah kasus tersebut dikembangakan, FBI menangkap 87 orang lainnya dengan tuduhan yang sama.

1956
Presiden Amerika Serikat (AS) Dwight D. Eisenhower menandatangani undang-undang yang mengesahkan moto negara AS, yakni In God We Trust atau Pada Tuhan Kami Percaya. Eisenhower juga mewajibakan moto itu disematkan di semua uang kertas AS.

Penampakan USS Indianapolis. (Wikimedia.org)

1966
Untuk kali pertama, Inggris meraih gelar juara dalam ajang Piala Dunia FIFA. Inggris yang berlaga sebagai tuan rumah, meraih gelar juara setelah mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2 di partai final.

1974
Turki dan Yunani menandatangani perjanjian damai demi mengakhiri konflik di Siprus. Perjanjian damai itu ditandatangani setelah sembilan hari invasi Turki di Siprus yang kala itu dikontrol Yunani.

1980 - Vanuatu menyatakan kemerdekaannya.

2006 2009 - Inggris, Australia dan Rumania menarik pasukan mereka yang tersisa dari Irak, meninggalkan Amerika Serikat dan hampir 130.000 tentaranya sebagai satu-satunya sisa koalisi invasi multinasional 2003.

2010 - Lebih dari 1.500 orang dilaporkan tewas setelah Pakistan didera oleh curah hujan yang tinggi dan banjir besar . Para pejabat mengatakan 4 juta orang telah mengungsi.

2013 - Seorang hakim militer menemukan Pfc. Bradley Manning, yang merilis ratusan ribu dokumen militer dan diplomatik rahasia AS ke situs web WikiLeaks, bersalah karena melanggar Undang-Undang Spionase dan pelanggaran lainnya tetapi membebaskannya atas tuduhan membantu musuh.

2018 - Paus Francis menerima pengunduran diri dari Adelaide, Australia, Uskup Agung Philip Wilson kurang dari sebulan setelah ia dijatuhi hukuman satu tahun dalam penahanan karena tidak melaporkan dugaan pelecehan anak yang telah berusia puluhan tahun.

Sumber: solopos.com

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0