Selain Ledakan Beirut, Ini Sejumlah Kecelakaan Amonium Nitrat Paling Mematikan

Amonium nitrat adalah bahan kimia industri yang biasa digunakan dalam pupuk
Sarah Fiba - Kamutau?,Jumat, 07-08-2020 08:54 WIB
Selain Ledakan Beirut, Ini Sejumlah Kecelakaan Amonium Nitrat Paling Mematikan
(AFP)

Nusantaratv.com- Pihak berwenang Lebanon menyalahkan tumpukan besar dari bahan peledak yang disimpan selama bertahun-tahun dalam kondisi tidak aman di pelabuhan Beirut terhadap ledakan hari Selasa (4/8/20) yang menewaskan sedikitnya 145 orang dan melukai lebih dari 5.000 orang.

Ledakan itu disebabkan oleh 2.750 ton amonium nitrat, yang telah disimpan dengan berbahaya di dermaga, karena menurut media lokal, amonium tersebut disita dari kapal, Rhosus, yang diduga telah ditinggalkan oleh pemiliknya pada tahun 2013.

Amonium nitrat adalah bahan kimia industri yang biasa digunakan dalam pupuk dan sebagai bahan peledak untuk penggalian dan penambangan. 

Selain Beirut, berikut adalah beberapa kecelakaan industri paling mematikan di dunia disebabkan oleh ledakan amonium nitrat. 

* Tahun 1921, ledakan pupuk amonium sulfat dan nitrat di pabrik Oppau di Jerman menewaskan 565 orang.

* Pada tahun 1947, kebakaran meledakkan sekitar 2.300 ton bahan kimia di atas kapal di pelabuhan AS di Texas City, menyebabkan gelombang pasang. Setidaknya 567 orang tewas dan lebih dari 5.000 lainnya terluka.

* Di Toulouse, Prancis pada tahun 2001, sebuah ledakan di depot amonium nitrat menewaskan 31 dan melukai 2.500.

* Amonium nitrat yang disimpan di pabrik pupuk Texas meledak dalam sebuah ledakan yang menewaskan 14 orang dan melukai sekitar 200 orang pada tahun 2013.

* Pada 2015, ledakan di gudang yang menyimpan amonium nitrat dan bahan kimia lainnya di pelabuhan Cina Tianjin menewaskan sedikitnya 116 orang.

* Andrea Sella, profesor Kimia Anorganik di Universitas California, Los Angeles, mengatakan tentang ledakan di Beirut: "Gagasan bahwa jumlah seperti itu akan dibiarkan begitu saja selama enam tahun, menjadi kepercayaan pengemis, dan sebuah kecelakaan menunggu untuk terjadi."

Penggunaan amonium nitrat dalam pengeboman

Amonium nitrat dapat dicampur dengan zat lain untuk membuat bom.  Itu digunakan dalam pemboman Tentara Republik Irlandia (IRA) di London pada 1990-an, ledakan 1995 yang meledakkan gedung federal di Oklahoma City, menewaskan 168 orang, dan ledakan 2002 di klub malam Bali di mana lebih dari 200 orang tewas.

Banyak dari bom rakitan yang digunakan untuk melawan pasukan AS di Afghanistan mengandung amonium nitrat. -AFP

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0