NASA Luncurkan Misi Selidiki Jejak Kehidupan Mars di Masa Lalu

Misi NASA ini diperkirakan akan mencapai Mars Februari mendatang. 
Sarah Fiba - Kamutau?,Kamis, 30-07-2020 09:12 WIB
NASA Luncurkan Misi Selidiki Jejak Kehidupan Mars  di Masa Lalu
(AFP)

Nusantaratv.com- NASA akan meluncurkan misi ambisius ke Mars pada hari Kamis (30 Juli) dengan lepas landasnya bajak generasi Ketekunan, sebuah robot beroda enam yang ditugaskan menggelar helikopter mini, menguji peralatan untuk misi manusia masa depan dan mencari jejak kehidupan Mars masa lalu.

Misi bernilai US $ 2,4 miliar, dijadwalkan lepas landas pada pukul 07:50 ET (1150 GMT) dari Cape Canaveral, Florida, direncanakan sebagai perjalanan kesembilan badan antariksa AS ke permukaan Mars. 

Uni Emirat Arab dan Cina secara terpisah bulan ini meluncurkan wahana ke Mars dalam tampilan kecakapan dan ambisi teknologi.

Diluncurkan di atas roket Atlas 5 dari perusahaan patungan Boeing-Lockheed United Launch Alliance, Perseverance rover seukuran mobil diperkirakan akan mencapai Mars Februari mendatang. 

Hal ini disebabkan karena mendarat di dasar kawah setinggi 250 meter (250 meter) yang disebut Jezero, bekas danau dari 3,5 miliar tahun lalu yang diyakini para ilmuwan dapat menyimpan jejak-jejak potensi masa lalu kehidupan mikroba Mars.

"Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah di mana kita akan pergi ke Mars dengan misi eksplisit untuk menemukan kehidupan di dunia lain," kata administrator NASA Jim Bridenstine dalam jumpa pers pada hari Rabu (29/7/20) dikutip AFP. 

Misi akan mencoba membawa sampel batuan Mars kembali ke Bumi, mengumpulkan bahan dalam kapsul seukuran cerutu dan meninggalkannya tersebar di permukaan untuk diambil oleh penjelajah "penjemput" yang akan datang. 

Penjelajah konseptual itu diharapkan meluncurkan sampel kembali ke luar angkasa untuk dihubungkan dengan pesawat ruang angkasa lain untuk kepulangan Bumi pada sekitar 2031. 

Juga di atas Ketekunan adalah helikopter otonom 1,8 kg yang dijuluki Ingenuity yang akan menguji penerbangan bertenaga di Mars untuk pertama kalinya. 

"Bayangkan suatu hari ketika kita mendaratkan sebuah robot di Mars dan robot itu dapat mengirim selusin helikopter ke berbagai arah untuk membuat berbagai penemuan," kata Bridenstine.

Sejak penjelajah Mars pertama NASA Sojourner mendarat pada tahun 1997, agensi tersebut telah mengirim dua orang lainnya - Spirit dan Opportunity - yang telah mengungkapkan geologi dataran Mars yang luas dan menemukan bukti formasi air masa lalu, di antara penemuan lainnya. 

NASA telah berhasil mengirim tiga pendarat - Pathfinder, Phoenix, dan juga InSight. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0