Monster Asteroid Diprediksi Menabrak Bumi

asteroid tersebut akan terlihat dengan mata telanjang
Sarah Fiba - Kamutau?,Senin, 16-11-2020 14:30 WIB
Monster Asteroid Diprediksi Menabrak Bumi
(Thesun)

Nusantaratv.com- Para ilmuwan mengatakan ada kemungkinan monster asteroid (99942) Apophis akan bertabrakan dengan Bumi. Pernyataan tersebut baru-baru ini dibuat pada konferensi American Astronomical Society. 

David Tholen, seorang astronom dari Universitas Hawaii, mengatakan bahwa data yang diberikan oleh teleskop Subaru mengungkapkan bahwa Apophis, menunjukkan tanda-tanda akselerasi Yarkovsky. 

 Yang menurut para ilmuwan berpotensi menempatkan benda langit tersebut pada jalur tabrakan dengan planet kita pada tahun 2068.

"Apakah umat manusia ditakdirkan untuk bertemu dengan asteroid raksasa, yang lebih besar dari Menara Eiffel? para astronom akan dapat mengetahui dengan pasti pada Jumat, tanggal 13 di tahun2029, ketika Apophis akan melewati planet kita pada jarak yang sangat dekat, "jelasnya dikutip Sputnik. 

Menurut David Tholen, asteroid tersebut akan terlihat dengan mata telanjang pada tanggal ini, terbang lebih dekat ke Bumi daripada beberapa satelit.

Setelah pertemuan ini, para astronom dapat memprediksi jarak asteroid yang akan mendekati kita pada tahun 2068.

"Kami akan tahu setelah itu terjadi persis di mana ia melewati Bumi. Jika itu lewat pada jarak yang tepat dari Bumi, tarikan gravitasi dari Bumi akan mengubah orbitnya cukup untuk membuatnya kembali dan menghantam Bumi pada [2068] ", katanya lagi. 

NASA sebelumnya mengatakan bahwa bahkan jika asteroid selamat dari perjalanan melalui atmosfer bumi dan tetap utuh saat jatuh di permukaan planet, itu akan menyebabkan kerusakan lokal yang signifikan. 

Namun, badan antariksa menekankan bahwa kerusakan tersebut tidak akan cukup untuk menyebabkan bencana alam.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0