Menjelajah Kastil Termegah di Dunia

Kehebatan manusia dalam bidang arsitektur diabadikan dalam bingkai sebuah bangunan. Salah satunya kastil. Setiap kastil...
Supriyanto - Kamutau?,Selasa, 25-08-2020 10:57 WIB
Menjelajah Kastil Termegah di Dunia
Menjelajah Kastil-kastil yang ada di dunia membuat kita seakan kembali hidup di masa lalu./kolase nusantaratv.com

Nusantaratv.com - Terdapat banyak cara bagi manusia untuk menunjukkan eksistensinya di masa lampau. Salah satunya di bidang arsitektur. Arsitektur memiliki peranan penting dalam menjembatani hubungan manusia di masa sekarang dan lampau. Sepanjang sejarah peradaban manusia modern, semua orang takjub tentang bagaimana manusia di zaman dahulu mampu membuat bangunan-bangunan yang luar biasa. Sebut saja Piramida dan Taj Mahal yang hingga kini banyak orang merasa kagum hingga bertanya-tanya, bagaimana manusia di zaman dahulu yang memiliki keterbatasan teknologi mampu membangunnya?

Kehebatan manusia dalam bidang arsitektur diabadikan dalam bingkai sebuah bangunan. Salah satunya kastil. Ada banyak kastil yang tersebar di seluruh dunia. Setiap kastil memiliki keindahan unik yang berbeda. Kastil selalu menjadi objek foto yang indah bagi para fotografer maupun wisatawan yang gemar selfie. 

Baca Juga: Cara Membaca Chat yang Telah Dihapus di WhatsApp

Bagi yang menyukai arsitektur peninggalan zaman dulu, pasti perhatianmu akan langsung tertuju ke deretan kastil bergaya klasik berikut ini. Bukan hanya kokoh dan menjadi tempat tinggal bagi pemerintah setempat, kastil di bawah ini juga memiliki desain unik yang disesuaikan dengan gaya pada zamannya.

1. Hohenzollern Castle, Germany

hohenzollern-castle

Dibangun pada abad ke-11, kemudian benar-benar hancur di 1423 dan direkonstruksi pada tahun 1461. Benteng setinggi 855 m ini berdiri di atas Gunung Hohenzollern dan terletak sekitar 50 kilometer (30 mil) selatan Stuttgart, ibukota negara Baden-Württemberg.

Sekarang kastil ini adalah sebuah museum seperti kastil yang lainnya. Dipenuhi dengan harta karun termasuk mahkota yang dikenakan oleh raja-raja Prusia dan seragam yang dikenakan oleh Frederick Agung. Merupakan Salah satu istana yang paling banyak dikunjungi di Jerman, dan merupakan milik pribadi.

 

2. Warwick Castle

Kastil dengan kompetisi jousting yang sangat terkenal dijamannya

Terletak kurang dari 100 mil dari London, Kastil Warwick dikenal dengan interiornya yang indah dan pertunjukan ulang abad pertengahan yang berlangsung di sana. Sampai 25 tahun yang lalu, generasi Earls of Warwick telah tinggal di kastil. Pada pergantian abad ke-20, Frances, Countess of Warwick, juga dikenal sebagai Daisy, dikenal di seluruh Inggris karena pesta mewahnya. Beberapa tamunya termasuk Winston Churchill; Edward, Pangeran Wales; dan masa depan Raja Edward VII.

Enam ratus tahun yang lalu, jousting champion paling terkenal di Eropa adalah Earl of Warwick. Setiap tahun, ribuan orang tiba di Warwick Castle untuk menyaksikan kompetisi jousting yang diadakan kembali.

 

3. Alcázar of Segovia, Spain.

Alcázar-of-Segovia-Spain

Kastil ini juga dikenal sebagai kastil batu yang terletak di Kota Segovia. Kastil ini unik karena berbentuk seperti busur kapal. Kastil Segovia dibangun pada abad ke 12 dan berfungsi sebagai istana kerajaan, penjara negara, dan akademi militer. 

Dibutuhkan lebih dari satu jam untuk berkendara dari Madrid ke alcazar yang terletak di sebuah bukit yang menghadap ke Segovia di pertemuan sungai Klamores dan Eresina. Banyak yang mengatakan jika kastil ini merupakan salah satu inspirasi istana Cinderella dalam serial Disney. Karenanya banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke kastil ini.

 

4. Himeji Castle, Japan

Himeji-Castle-Japan

Kastil ini adalah sebuah kompleks menakjubkan yang terdiri dari 83 bangunan kayu, juga dikenal sebagai Kastil Heron Putih karena eksterior putih yang menakjubkan. Kastil ini pada awalnya dibangun pada abad ke-14 dan terletak di wilayah Kansai Jepang.

 

5. Stirling Castle

Simbol skotlandia yang terkenal

Stirling Castle, terletak 450 mil dari London, adalah simbol Skotlandia yang terkenal. Tepat di luar tembok Stirling berdiri sebuah monumen untuk pahlawan nasional besar Skotlandia, William Wallace, yang memimpin pasukan kecil melawan raja Inggris, Edward I, pada Pertempuran Jembatan Stirling pada 1297. Tujuh ratus lebih tahun kemudian, peringatan untuk Wallace terus mengingatkan orang-orang tentang kemenangan di Stirling.

Di antara 8 abad pertempuran dan pembunuhan di Stirling, sesuatu yang sangat positif dan mencerahkan memang terjadi di kastil ini, salah satu upaya pertama dalam penerbangan. Sekitar 500 tahun yang lalu, pada masa pemerintahan Raja James IV di Skotlandia, ilmuwan John Damian mengumumkan dia akan terbang dari Stirling Castle ke Prancis. Merakit potongan kayu, bulu ayam dan lem, Damian melakukan penerbangan singkatnya dengan melompat dari dinding batu dan kemudian terbang dengan anggun ke bawah, jatuh seperti batu.

6. Peles Castle, Romania

Peles-Castle-Romania

Pembangunan kompleks ini dimulai pada tahun 1873. Terletak dalam susunan yang indah di Pegunungan Carpathian Rumania, Kastil Peles benar-benar sebuah kastil berkonstruksi dongeng.

Berdasarkan situs resmi Brasov Travel Guide,  kastil yang berada di Sinaia, Romania ini dianggap sebagai salah satu yang paling indah di seluruh Eropa. Kastil ini juga menjadi salah satu tempat terakhir dalam hidup raja Romania, termasuk Raja Carol I yang meninggal pada 1914.

Baca Juga: Daftar Letusan Gunung Terdahsyat di Dunia

Peles dikelilingi oleh tujuh teras berhiaskan patung-patung dan vas hias dari batuan marmer. Dekorasi yang menggunakan kayu baik eksterior dan interiornya menjadikan kastil ini terlihat sangat klasik. Warna bangunan yang didominasi oleh warna putih dan merah serta desain bergaya Swiss menambah sempurna kecantikan Peles Castle.

 

7. Chambord Castle, France

Château de Chambord, France

Dibangun sebagai pondok berburu. Lokasi benteng dipilih oleh Raja Francois I karena dia ingin berada di dekat kekasihnya, Claude Rohan. Kastil besar ini memiliki 440 kamar, 365 perapian , dan 84 tangga, dan itu adalah kastil terbesar di Lembah Loire di Perancis.

 

8. Neuschwanstein Castle, Germany

Neuschwanstein-Castle-Germany

Terletak di sebuah bukit terjal, di barat daya Bavaria, saat ini kastil ini merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Jerman. Konstruksi dimulai pada tahun 1896, dirancang oleh Christian Jank, untuk Ludwig II dari Bavaria yang dinyatakan gila sebelum kastil ini selesai. Hal ini menjelaskan banyak hal. Arsitektur, lokasi dan ukuran dari kastil Neuschwanstein memang spektakuler, dan agak gila.

Wisatawan yang masuk ke dalam akan disuguhkan dengan interior mewah khas kerajaan pada masa itu. Lampu kristal, karpet tebal, gorden lembut dan perabotan kayu antik masih menghiasi bagian dalam kastil. Anda pun dapat masuk ke dalam kamar-kamar yang dulu diperuntukan bagi para penguasa dimasanya.

Selain itu, kastil ini juga populer karena dianggap sebagai inspirasi utama istana Raja Stefan, ayah dari putri Aurora dalam dongeng sleeping beauty versi Disney. Dalam dongeng tersebut istana ayah putri Aurora terletak di atas pegunungan dengan bangunan yang menjulang tinggi dikelilingi oleh danau yang indah dan hutan yang lebat. Kemiripan lokasi dalam cerita sleeping beauty menarik banyak penggemarnya untuk berkunjung ke Kastil Neuschwanstein.

 

9. Corfe Castle, England

Corfe-Castle-England

Terletak di daerah Dorset di Isle of Purbeck, kastil ini mengantar kita kembali ke abad ke-9.Diyakini, bagaimanapun, Corfe yang mungkin telah muncul jauh lebih awal dan merupakan situs defensif Romawi. Sisa-sisa bangunan yang dapat Anda lihat hari ini dibangun pada abad ke-11, dan dua abad kemudian kastil itu digunakan sebagai gudang harta kerajaan dan penjara.

 

10. Matsumoto Castle, Japan

Matsumoto-Castle-Japan

Kastil Matsumoto adalah sebuah kastil Jepang yang benar-benar menakjubkan yang terletak di kota Matsumoto, beberapa kilometer dari Tokyo. Kastil ini dibangun pada 1504 dan saat ini terdaftar sebagai Harta Nasional Jepang. Kastil ini digunakan sampai pertengahan abad ke-19. Setelah Restorasi Meiji tahun 1868, pemerintahan Jepang yang baru pecah dan memutuskan untuk menghancurkan benteng dan menjual kayu dan fitting besi (ini adalah nasib banyak istana di Jepang pada saat itu). Matsumoto diselamatkan oleh warga setempat dan dibeli pada tahun 1878.

Baca Juga: Bom Atom Nagasaki Picu Kemerdekaan RI

11. Burg Eltz Castle, Germany

Burg-Eltz-Castle-Germany

Kastil dengan konstruksi abad pertengahan yang menakjubkan di barat daya Jerman ini masih dimiliki oleh keturunan dari keluarga yang sama yang tinggal di sana lebih dari 800 tahun yang lalu. Pemilik kastil ini sekarang adalah Dr Karl Graf von und zu Eltz yang mewakili generasi ke-33 dari House of Eltz.

 

12. Eilean Donan Castle. Scotland

Eilean-Donan-Castle-Scotland

Dibangun pada abad ke-13 untuk menahan serangan Viking, saat ini Kastil Eilean Donan adalah salah satu situs paling terkenal di Skotlandia. Sebagian besar mungkin diberi nama setelah Uskup Donan yang datang ke Skotlandia pada abad ke-6. Kastil ini terletak di sebuah pulau, dikelilingi oleh pemandangan yang menakjubkan dari dataran tinggi Skotlandia.

 

13. Neuchâtel Castle. Switzerland

Neuchatel-Castle-Switzerland

Kastil ini, dibangun pada akhir abad ke-10, adalah hadiah Raja Rudolph III , Raja Burgundy kepada istrinya. Dibangun kembali pada abad ke-15 dan 17, saat ini merupakan tempat pemerintah kanton dan pengadilan hukum.

 

14. Guaita Fortress, San Marino

Guaita-Fortress-San-Marino

Kastil Guaita, terletak di puncak Guaita dan menghadap kota San Marino. Kastil ini dibangun pada abad ke-11 dan digunakan sebagai penjara untuk beberapa waktu. Guaita adalah salah satu dari Tiga Menara San Marino, yang terletak di tiga puncak Monte Titano. Menara ini digambarkan pada bendera nasional San Marino dan pada mantel di bagian atas lengan.

 

15. Conwy Castle, Wales

Conwy Castle, Wales

Conwy adalah salah satu kastil yang paling menonjol yang dibangun oleh Edward I pada abad ke-13. Pembuatan kastil itu memakan biaya yang cukup mahal – diperkirakan bahwa Edward menghabiskan £ 15.000 untuk pembangunannya, yang menjadikannya sebagai kastil paling mahal dalam sejarah Wales. Conwy Hari ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia dan delapan menara, menghadap ke muara Conwy, adalah gambar ikon Wales Utara.

 

16. Mont Saint Michel, Perancis

Kastil Mont Saint Michel (dok. Wilson Chang/Fairuz Fildzah)

Mont Saint Michel merupakan sebuah pulau misterius yang mengapung di laut. Pulau ini memiliki luas 1 kilometer. Pulau Mont Saint Michel terkenal karena keindahan kastilnya. Benteng ini ternyata sangat strategis dibangun pada zaman Romawi kuno terdahulu dan mendatangkan berbagai macam manfaat bagi penduduk wilayah sekitar kastil ini. 

Bangunan kastil ini ternyata juga merupakan salah satu inspirasi dari Minas Tirith pada trilogi Lord Of The Rings. Bangunan yang telah dibangun sejak abad ke 9 ini sangatlah kokoh dan masih terjaga utuh sampai sekarang. Dulunya, kastil ini berada di daratan. Akibat air laut yang naik, kastil seakan berada di suatu pulau. Pengunjung yang datang harus menunggu surut air laut untuk bisa datang ke sini.
Sangat indah bukan? Sangat disayangkan sekali apabila Anda mengunjungi Eropa sampai tidak menginjakkan kaki di kastil Mont St. Michel.

17. Kastil Windsor, Inggris

Kastil Windsor di Inggris (dok. Diego Torres/Fairuz Fildzah)

Dari kejauhan, kastil Windsor terlihat sangat besar dan memanjang. Sangat indah bila dikunjungi saat musim semi di sore hari. Pepohonan berwarna oranye dan kuning dipadu dengan cahaya matahari yang teduh.

Berusia 900 tahun, Kastil Windsor adalah kastil tempat tinggal resmi kerajaan tertua di dunia. Kastil Windsor lebih dari sekadar kastil, terdapat di dalamnya beberapa rumah, sebuah gereja besar dan istana kerajaan. Terletak 20 mil sebelah barat London, tempat ini juga merupakan rumah akhir pekan Ratu Elizabeth II. Lebih dari satu juta orang mengunjungi istana setiap tahun. Jimmy Carter, Ronald Reagan dan Bill Clinton semuanya menjadi tamu ratu di istana

Baca Juga: Ini 4 Makanan Pereda Migrain, Cobain Deh

Oleh karena itu, kastil ini tidak dibuka bagi pengunjung umum. Namun, meski dari luar saja, wisatawan yang berkunjung masih tetap dapat menikmati kemewahan dan kemegahan kastil ini.

 

18. Swallow’s Nest Castle

Swallow’s Nest Castle Wikipedia

Kastil yang satu ini telah dibangun dan diresmikan sejak tahun 1912 di Gaspra. Lokasi yang tepatnya yaitu berada di bagian tebing Aurora, Semenanjung Crimea, Bagian Ukraina. Kastil ini sangat terkenal dikalangan para wisatawan karena kastil yang berhadapan langsung dengan laut hitam. Dengan demikian, para wisatawan sangat menyukai pemandangan yang disuguhkan tersebut. Kastil ini mempunyai konsep yaitu neo – gothic.

 

19. Prague Castle

Prague Castle (tripsavvy.com)

Kastil Prague di Praha, adalah kompleks istana terbesar di dunia. Terletak di Republik Ceko, dengan luas hampir mencapai 70.000 meter persegi, kastil ini berhasil menorehkan rekor di Guinness Book of World Records.

Kastil Prague juga memiliki keindahan dengan arsitektur bergaya gothik. Cahaya lampu ketika malam hari, akan menerangi kastil ini dan membuat keanggunannya semakin mempesona.

Kastil ini telah dibangun sejak abad ke 9 yang awalnya adalah istananya para raja dan sekarang telah berubah menjadi kantor Presiden Ceko.


20. Royal Palace Of Naples

Royal Palace Of Naples (youramalficoast.com)

Kastil yang berada di Italia ini memiliki sejarah yang sangat erat dengan Napolis. Keindahan dari adanya patung – patung para raja yang pernah memerintah pada saat itu membuat siapa saja menjadi tertarik akan tempat yang satu ini.

Nah, itu tadi 20 kastil terindah di dunia berbalut cerita sejarah nan menarik yang sebaiknya Anda ketahui sebelum berencana membuat jadwal liburan di akhir tahun. Semoga informasi yang diberikan di atas bermanfaat ya!

Sumber: risastevi.wordpress.com

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0