Keren! Cina Kirim Satelit yang Berbasis di Laut

Roket itu melakukan peluncuran laut pertamanya pada Juni tahun lalu.
Sarah Fiba - Kamutau?,Rabu, 16-09-2020 13:57 WIB
Keren! Cina Kirim Satelit yang Berbasis di Laut
(Xinhua)

Nusantaratv.com- Cina telah berhasil mengirim sembilan satelit ke orbit dalam peluncuran komersial pertamanya, roket dari sebuah platform di laut, media pemerintah melaporkan pada Rabu (16/9).

Satelit tersebut, salah satunya milik platform berbagi video Bilibili, dikerahkan oleh roket Long March 11 dari Laut Kuning pada hari Selasa, media melaporkan.

Long March 11, dirancang untuk digunakan dengan cepat dan dari situs peluncuran seluler seperti kapal, terutama digunakan untuk membawa satelit kecil. 

Roket itu melakukan peluncuran laut pertamanya pada Juni tahun lalu.

"Platform peluncuran laut akan meningkatkan jumlah area peluncuran Cina, meningkatkan efisiensi peluncuran, dan membuat peluncuran lebih aman dan lebih fleksibel," kata pejabat People's Daily mengutip Li Zongli, direktur Pusat Peluncuran Satelit Taiyuan.

Cina memiliki tiga pusat peluncuran antariksa pedalaman, tempat roket bekas kembali ke bumi dan terkadang menimbulkan bahaya bagi daerah yang dihuni.  Peluncuran laut akan mengurangi risiko itu.

Cina telah menjadikan program luar angkasa sebagai prioritas utama dalam beberapa tahun terakhir karena berlomba untuk mengejar Amerika Serikat dan menjadi kekuatan luar angkasa utama pada tahun 2030.-Reuters

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0