Kerangka Ikan Paus Berusia 3.000 Tahun Ditemukan di Bangkok

Kerangka tersebut juga akan membantu penelitian evolusi paus
Sarah Fiba - Kamutau?,Sabtu, 28-11-2020 21:51 WIB
Kerangka Ikan Paus Berusia 3.000 Tahun Ditemukan di Bangkok
(Asiaone)

Nusantaratv.com- Kerangka ikan paus yang diperkirakan berusia 3.000 tahun telah ditemukan di Samut Sakhon, sebelah barat Bangkok, Thailand. 

Melansir Asiaone, Varawut Silpa-archa, Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan, telah mengunjungi lokasi penemuan di Amphaeng, distrik Ban Phaeo, tempat tulang paus digali pada 6 November lalu. 

Para arkeolog mengatakan sisa-sisa fosil sebagian berumur 3.000-5.000 tahun dan mirip dengan paus Bryde, yang masih berenang di laut Thailand. 

Kerangka itu membentang sekitar 12 meter, dengan tengkorak berukuran 3 meter, 19 tulang belakang lengkap, masing-masing lima tulang rusuk, tulang belikat, dan sirip kiri. 

Arkeolog memperkirakan 20 persen kerangka masih harus digali.

Sisa-sisa ditemukan sekitar 12 kilometer ke pedalaman dari garis pantai saat ini, memberikan bukti penting tentang bagaimana permukaan laut telah berubah selama ribuan tahun.

Tulang tersebut juga akan membantu penelitian evolusi paus dan keanekaragaman hayati kehidupan laut dari zaman kuno hingga modern.

Saat ini, Teluk Thailand bagian atas pantai Samut Sakhon adalah rumah bagi sekitar 50 paus Bryde, bersama dengan lumba-lumba Irrawaddy, lumba-lumba Bungkuk, lumba-lumba albino dan lumba-lumba tanpa sirip.

“Laut di sekitar Thailand telah berlimpah dengan kehidupan selama ribuan tahun, seperti yang ditunjukkan oleh fosil, ” kata Varawut.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0