Inilah Keunikan Sekaligus Kekayaan Indonesia

Indonesia memiliki garis khayal, atau kita sebut sebagai garis katulistiwa.
Supriyanto - Kamutau?,Selasa, 04-08-2020 19:52 WIB
Inilah Keunikan Sekaligus Kekayaan Indonesia
Tanah Air Kita Indonesia./voaindonesia.com

Nusantaratv.com - Indonesia menjadi negara dengan kepulauan terbesar dan negara dengan populasi terbanyak nomor 4 di dunia. Ada 5 pulau besar dan 30 kepulauan kecil, dan 17.508 pulau tersebar di wilayah negara Indonesia. Dan baru 6.000 pulau yang dihuni oleh manusia.

Secara geografis, Indonesia juga diapit oleh dua benua, Asia dan Australia dan dua lautan, samudera pasifik dan samudera Indonesia. Geografis yang demikian itulah yang membuat Indonesia memiliki dua musim, panas dan penghujan serta kondisi alam dan sosial budaya yang beraneka ragam.

Baca Juga: Ngga Nakal Ngga Merdeka!

Berikut beberapa aspek yang terdapat di Indonesia:

1. Terdapat Dua Musim
Indonesia memiliki garis khayal, atau kita sebut sebagai garis katulistiwa. Garis khatulistiwa adalah garis yang membagi dua bagian bumi secara vertikal. Jika suatu wilayah mendekati garis khatulistiwa maka ia akan memiliki iklim tropis. Dengan kata lain ia hanya memiliki dua musim yaitu, panas dan penghujan.

Sedangkan, bagi beberapa bagian negara lain yang berada jauh dari garis khayal, artinya ia lebih cenderung dekat pada kutub utara atau selatan, maka akan memiliki empat musim dalam satu tahun. Adapun empat musim itu adalah musim semi, kemarau, gugur, dan dingin.

2. Wilayah Strategis
Indonesia yang diapit dua samudera dan dua benua, membuat wilayah Indonesia sangat strategis sebab dilalui oleh persimpangan lalu lintas internasional baik itu di laut atau di udara. Dengan kenyataan tersebut, Indonesia berpotensi sebagai negara dengan ekonomi yang besar sebab Negara berkembang dan Negara industri menjadikan Indonesia sebagai titik industri mereka.

3. Kondisi Alam
Indonesia merupakan negara kepulauan yang merupakan pertemuan dua samudra besar dan diapit daratan luas (Australia dan Benua Asia). Hal tersebut berpengaruh terhadap kondisi alam.

Yaitu Wilayah Indonesia beriklim laut, sebab merupakan negara kepulauan, sehingga banyak memperoleh pengaruh angin laut sehingga mendatangkan banyak hujan.

4. Sosial Budaya
Kekayaan kultur di Indonesia tidak terlepas dari kebudayaan yang terletak di sekitarnya. Kebudayaan ini lambat laun melakukan proses asimilasi dan sebagai hasilnya Indonesia mempunyai kebudayaan lain yang khas serta beragam.

5. Cross Position
Karena indonesia terletak pada posisi silang (cross position) antara dua samudra dan dua benua, maka berpengaruh bagi kehidupan bangsa Indonesia. Indonesia terletak di antara banyak negara berkembang, sehingga memiliki banyak mitra kerja sama.

Baca Juga: Soekarno Enggan Tanpa Hatta

Indonesia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan asing, yakni dalam bidang bahasa, seni, agama dan peradaban. Lalu lintas pelayaran dan perdagangan di Indonesia cukup ramai, sehingga mendukung perdagangan di indonesia.

Sumber: okezone.com

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0