Ini Empat Wanita di Dunia Literasi yang Oke Banget!

Kesadaran literasi tidak hanya ditujukan pada generasi muda yang duduk di bangku sekolah, namun juga orang tua.
Supriyanto - Kamutau?,Kamis, 15-10-2020 12:11 WIB
Ini Empat Wanita di Dunia Literasi yang Oke Banget!
Kebiasaan membaca harus dimulai sejak muda.

Nusantaratv.com - Dewasa ini gerakan melek literasi sedang gencar disuarakan. Kesadaran literasi tidak hanya ditujukan pada generasi muda yang duduk di bangku sekolah, namun juga orang tua.

Dunia literasi menjadi dunia yang nggak bisa dianggap remeh. Berbagai macam tulisan muncul setiap hari. Mulai yang ditulis di atas kertas sampai media online. Banyak pula platform yang bisa dijadikan halaman tulisan kita.

Terlebih di zaman digital sekarang ini, banyak media online menyediakan ruang bagi siapa pun yang ingin menulis. Meski demikian masih banyak kalangan milenial yang menggemari bacaan noval. Hal ini tentu tak lepas dari kepiawaian para penulisnya menciptakan novel-novel berkelas.

Mereka bukan hanya berhasil menciptakan novel yang berkali-kali dicetak ulang. Tapi karyanya juga bisa menjadi inspirasi bagi pembaca yang ingin mengikuti jejaknya. Penasaran siapa saja mereka? 

1. Asma Nadia


Pernah membaca atau menonton film Assalamualaikum Beijing? atau Surga yang Tak Dirindukan. Nah, wanita 45 tahun inilah penulis novel Best Seller yang juga sukses difilmkan. Lebih dari 20 judul novel sudah berhasil ia ciptakan. 

Bahkan ia termasuk di antara 35 penulis dari 31 negara dunia yang diundang sebagai penulis tamu di Lowa International Writing Program, Amerika Serikat. Berasal dari keluarga penulis, Asma Nadia pun memiliki penerbitannya sendiri.

2. Dewi Lestari


Siapa yang nggak kenal dengan Dewi Lestari? Penulis dan penyanyi yang akrab disapa Dee ini sukses menggebrak dunia literasi di Indonesia melalui beberapa novel yang ia ciptakan. Mulai dari Perahu Kertas, Novel Series Supernova, sampai dengan yang nggak kalah populer adalah Filosofi Kopi. Ia patut berbangga. Karena beberapa karyanya diwujudkan dalam bentuk film dan sukses merajai chart film layar lebar di Indonesia.

3. Ayu Utami

Setelah Ayu lulus dari fakultas Sastra UI, mengantarkan wanita 49 tahun ini menjadi seorang novelis handal dengan karya fiksi yang cukup populer. Ia pun menjadi seorang aktivis jurnalis dan sastrawan Indonesia yang cukup terkenal. Beberapa karya yang populer seperti Saman, Larung, Pengakuan Eks Parasit Lajang dan masih banyak lagi.

4. Ika Natassa

Kamu yang sudah pernah nonton Critical Eleven, maka Ika Natassa ah orang yang sukses menyalurkan ide brilian dalam novel yang juga sukses difilmkan. Wanita berusia 40 tahun ini juga menulis novel lain seperti Antologi Rasa, Twivortiare, Divortiare dan juga The Architecture of Love.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0