4 Peristiwa Mengawali Kemerdekaan Indonesia

Menjelang Hari Kemerdekaan RI, kamu sudah mempersiapkan apa saja? Apakah kamu termasuk dalam kepanitiaan di acara 17 Agustus...
Supriyanto - Kamutau?,Jumat, 02-08-2019 10:42 WIB
4 Peristiwa Mengawali Kemerdekaan Indonesia
Dirgahayu Republik Indonesia!

Nusantaratv.com - Menjelang Hari Kemerdekaan RI, kamu sudah mempersiapkan apa saja? Apakah kamu termasuk dalam kepanitiaan di acara 17 Agustus mendatang, atau kamu ikut menjadi bagian dari prosesi Upacara Pengibaran Bendera di daerah kamu?

Berbicara mengenai Hari Kemerdekaan, tentu saja akan bersinggungan dengan sejarah.

Bung Karno pernah berkata, "Jangan Lupa Jas Merah", jangan melupakan sejarah! Menjelang perayaan 17 Agustus 2019, kali ini kita akan mengulas beberapa peristiwa yang terjadi mengawali prosesi dibacanya teks proklamasi Kemerdekaan bangsa kita yang kita cintai ini.

Ada beberapa peristiwa penting yang terjadi sebelum pembacaan naskah proklamasi dan pengibaran bendera sang saka merah putih pada 17 Agustus 1945. Berikut ini ulasan selengkapnya!

1. Ir. Soekarno Sakit Malaria

Dari foto yang beredar saat Ir. Soekarno membacakan naskah Proklamasi di depan banyak masyarakat pada masa itu, ternyata ada fakta di balik itu. Faktanya, pada saat itu saat membacakan teks Proklamasi kondisi Presiden pertama Indonesia ini sedang dilanda sakit Malaria!


Sumber: https://min.wikipedia.org/wiki/Proklamasi_Kemerdekaan_Indonesia

Coba bayangkan, dengan kondisi kesehatannya yang sedang tidak memungkinkan, tetapi beliau tetap semangat untuk membacakan Proklamasi Kemerdekaan RI. Mengharukan sekaligus membanggakan.

 

2. Rekaman Pembacaan Naskah Proklamasi Bukan Asli

Ternyata, ada beberapa kendala dan juga miscommunication sebelum pembacaan naskah Proklamasi ini dilaksanakan. Salah satunya adalah mengenai dokumentasi dari upacara Proklamasi Kemerdekaan ini.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Sukarno

Jadi saat itu, Latief Hendraningrat yang diberikan amanat untuk menghubungi Soetarto dari perusahaan film Jepang lupa untuk menyampaikannya. Sehingga, dokumentasi Proklamasi ini diambil alih secara dadakan oleh Mendur bersaudara, yaitu Frans dan Alex Mendur.

Dengan begitu, tidak ada video dokumentasi mengenai Proklamasi, dan hasil foto yang ada pun hanya 3 buah foto saja. Termasuk suara rekaman Presiden Soekarno yang ternyata bukan lah suara asli saat pembacaan pertama kali. Melainkan rekaman suara tersebut direkam ulang pada tahun 1951 di Radio Republik Indonesia (RRI).

 

3. Bendera Merah Putih Dijahit Menggunakan Kain Sprei

Fakta di balik foto kemerdekaan selanjutnya adalah dari foto pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih. Seperti diketahui kalau bendera Indonesia pertama ini dijahit oleh istri dari Presiden Soekarno, yaitu ibu Fatmawati.

Nah, fakta di balik Bendera Merah Putih ini, ternyata menggunakan kain sprei. Sebetulnya, Fatmawati sudah menyiapkan kain yang sangat bagus untuk dijahit sebagai bendera Indonesia. Namun ternyata ukurannya sangat kecil dan tidak memungkinkan.

Fakta di Balik Foto Kemerdekaan

Sehingga, di waktu yang sangat mepet, Fatmawati mencari kain berwarna putih dari dalam lemari miliknya, dan dijahit dengan kain berwarna merah yang dibelinya dari seorang penjual soto bernama Lukas Kastaryo.

 

4. Proklamasi Kemerdekaan Terjadi Saat Bulan Ramadhan

Fakta lain menunjukkan kalau ternyata selama proses persiapan kemerdekaan hingga momen pembacaan Proklamasi, terjadi di bulan Ramadhan? Yup, pembacaan Proklamasi ini terjadi saat puasa di hari ke 8.

Tentu ini menjadi perjuangan yang sangat berat. Selain memperjuangkan kemerdekaan untuk Indonesia, para Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia juga berjuang menahan lapar dan dahaga di Bulan Ramadhan.

 

Ayo Napak Tilas Ke Tempat Bersejarah di Indonesia

Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 74 ini tidak ada salahnya kalau kita rame-rame napak tilas ke tempat-tempat bersejarah yang ada di Indonesia. Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mengenang perjuangan para Pahlawan mengusir penjajah di Indonesia.

Ayo Jaga Kemerdekaan Negara Kita Tercinta Dirgahayu Indonesiaku! (blog.tiket.com)

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
1
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1