Tips Menjaga Tanaman Tetap Tumbuh Meski Ditinggal Lama

Saat hendak pergi berlibur dalam waktu lama, keberadaan tanaman hias di rumah membuat kecemasan.
Supriyanto - Kamutau?,Rabu, 13-01-2021 18:20 WIB
Tips Menjaga Tanaman Tetap Tumbuh Meski Ditinggal Lama
ilustrasi tanaman hias

Nusantaratv.com - Saat hendak pergi berlibur dalam waktu lama, biasanya kecemasan yang muncul dalam pikiran kita, bagaimana dengan beberapa peliharaan di rumah seperti tanaman hias yang selama ini kita rawat dengan baik. Bisakah tanaman akan tetap tumbuh baik saat ditinggal lama.

Sebelum kita meninggalkan rumah dalam waktu seminggu atau dua minggu, agar tidak cemas dengan tanaman-tanaman di rumah lakukanlah hal-hal sebagai berikut.

1. Merendam Tanaman
Sebelum pergi, rendamlah tanaman. Setelah selesai, pastikan juga bahwa pot mengering sehingga campuran tanaman dalam pot menjadi jenuh, namun jangan sampai membuat tanaman direndam dengan air cukup banyak sehingga membuatnya tenggelam.

Tanaman HiasTanaman Hias © Bhg.com


2. Jauhkan dari Banyaknya Paparan Sinar Matahari
Tanaman berdaun biasanya akan mudah layu saat terkena sinar matahari secara langsung. Karena itu saat kita hendak pergi lama, sebaiknya tanaman-tanaman itu dijauhkan dari jendela agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung dan tanahnya tidak menjadi kering.

3. Jangan Diberi Pupuk

Tanaman HiasTanaman Hias © Bhg.com

Saat hendak ditinggal lama, sebaiknya tanaman jangan diberi pupuk. Karena tanaman juga butuh istirahat seperti manusia. Hal ini karena ketika musim dingin biasanya tanaman tidak butuh pupuk meski sampai berbulan-bulan lamanya.

4. Stabilkan Suhu Rumah
Suhu yang berfluktuasi dari sistem pemanas dan jendela terbuka lebar dapat menyebabkan kerusakan serius pada tanaman hias. Jadi, pada umumnya tanaman lebih menyukai kondisi suhu yang stabil. Oleh karena itu, pastikan menyimpan tanaman ketika suhu rumah sedang tidak dingin namun juga tidak terlalu panas.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat tanaman tetap hidup dengan baik meski ditinggal dalam jangka waktu lama di rumah tanpa harus memerlukan perawatan ekstra. Jadi, waktu liburan gak bakal terganggu dengan perasaan khawatir akan aneka tanaman hias di rumah. Semoga bermanfaat ya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0