Tiga Ekor Anak Kucing Langka, Ditemukan di Cirebon

Seorang warga tanpa sengaja telah menemukan tiga ekor anak kucing hutan
Supriyanto - Kamutau?,Kamis, 15-10-2020 14:58 WIB
Tiga Ekor Anak Kucing Langka, Ditemukan di Cirebon
Anak kucing hutan yang ditemukan di Cirebon.

Nusantaratv.com, Cirebon - Seorang warga tanpa sengaja telah menemukan tiga ekor anak kucing hutan yang awalnya dianggap sebagai anak kucing biasa.

Ketiga ekor anak kucing itu ditemukan saat Rakhman berada di sawahnya di Desa Panguragan Wetan, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. 

Hewan yang memiliki nama lokal kucing kuwuk ini termasuk kategori jenis hewan dilindungi karena habitatnya yang terancam atau sudah langka. 

“Saya temukan waktu panen, hari Minggu (11/10/2020). Awalnya saya kira kucing biasa. Ternyata bukan,” kata Rakhman, Rabu (14/10/2020). 

“Memang saya belum pernah lihat sebelumnya. Mirip macan. Sehingga saya rawat, tapi induknya kabur,” kata Rakhman. 

Baca Juga: Keren! Ada Ladang Motif Batik

Diserahkan ke BBKSDA Jawa Barat

Dari tiga ekor anak kucing yang ia temukan, Rakhman mengaku hanya membawa pulang dua ekor, sedangkan yang seekor lagi diminta oleh temannya.

“Karena ini katanya dilindungi. Jadi saya lapor ke pihak yang berwenang, ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat (Jabar),” ucap Rakhman. 

Seorang Polisi Hutan (Polhut) BBKSDA Jabar, Ade Kurniadi, mengatakan kucing hutan, atau kucing kuwuk termasuk hewan yang dilindungi. Karena itu pihaknya bermaksud hendak mengamankan tiga ekor anak kucing hutan tersebut.

“Sekarang kami tindak lanjuti. Itu jenis kucing kuwuk atau Prionailurus bengalensis,” kata Ade. 
Ade mengatakan tiga anak kucing hutan itu akan direhabilitasi di BBKSDA. “Warga yang menemukan secara sukarela menyerahkan,” kata Ade.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1