Ternyata Teknologi Ini Hasil dari Mencuri

Penemuan-penemuan teknologi baru ini hampir terjadi di setiap saat.
Supriyanto - Kamutau?,Selasa, 10-11-2020 18:30 WIB
Ternyata Teknologi Ini Hasil dari Mencuri
Beberapa teknologi yang dihasilkan dari mencuri ide orang lain.

Nusantaratv.com - Teknologi telah memudahkan aktifitas manusia zaman sekarang. Hampir di semua bidang kehidupan manusia sebut saja, komunikasi, kini telah ada smartphone, di media sosial ada facebook, atau di dunia manufaktur ada mesin jahit, masih banyak lagi bidang-bidang lain yang terbantu dengan adanya teknologi. 

Hampir semua yang dikerjakan manusia terbantu oleh adanya teknologi. Dan penemuan-penemuan teknologi baru ini hampir terjadi di setiap saat. Kalau dihitung, jumlah penemuan-penemuan baru sudah tak terhitung banyaknya. Tentu setiap penemuan baru menjdi suatu hal yang membanggakan dan menakjubkan. 

Namun, ada lho penemuan teknologi yang ternyata hasil mencuri ide orang lain. Apa saja teknologi itu? Berikut ulasannya.

1. Mesin Jahit

Mesin Jahit | jalantikus.com

Kalau tidak ada mesin jahit, apa jadinya kita sekarang ini, mungkin pakaian yang kita pakai tidak seperti sekarang ini. Berkat penemuan teknologi mesin jahit orang bisa membuat pakaian dan memproduksi tekstil

Baca Juga: Hantam Apple dan Huawei, Samsung Luncurkan Galaxy S21

Orang mengira penemu mesin jahit adalah Isaac Singer yang memiliki perusahaan bernama Singer Corporation. Menurut Cambridge History, perusahaan Singer Corporation bukanlah penemu asli dari teknologi ini. Singer Corporation mencuri ide dari seorang perempuan bernama Elias Howe yang akhirnya menuntut hak royalti kepada perusahaan Singer Corporation.


2. Teleskop

Teleskop | jalantikus.com

Banyak orang menyebut Galileo adalah penemu teleskop, karena ia adalah orang pertama yang menggunakan optik sebagai instrumen ilmiah. Namun, kenyataannya seorang pria bernama Hans Lippershay lah yang menjadi penemu dari teknologi ini.

Pria berkewarganegaraan Belanda tersebut berhasil menciptakan sebuah perangkat pembesar berbahan kaca. Rupanya, ide mengenai teleskop ini didengar oleh Galileo dan ia memutuskan untuk membuat ciptaannya sendiri. Galileo juga bahkan memberikan perbaikan di proses pembuatannya.

3. Telepon

Telepon | jalantikus.com

Orang zaman sekarang kalau hendak berkomunikasi dengan temannya yang berjauhan jaraknya cukup menggunakan smartphone. Sebelum adanya smartphone, untuk berkomunikasi jarak jauh digunakan telepon. Kita mengenal Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon. Tapi kenyataannya, ada nama lain dibalik sejarah ditemukannya telepon.

Hal ini bermula pada akhir tahun 1800-an di mana terjadi persaingan ketat antara Bell dan seorang pria bernama Elisha Gray. Keduanya bersaing untuk menjadi orang pertama yang berhasil menemukan teknologi telepon.

Kemudian, pada 14 Februari 1876 keduanya mengajukan paten mereka atas teknologi rancangannya tersebut. Namun, rupanya Bell menyuap kantor paten untuk mencari tahu konsep telepon yang digagas oleh Gray. Akhirnya pada tanggal 10 Maret, Bell berhasil menciptakan telepon pertama di dunia.

4. Laser

Laser | jalantikus.com

Gordon Gould pertama kali menggagas ide pembuatan laser. Meskipun sudah berhasil menciptakan penemuan teknologi yang penting, Gould tidak langsung mengajukan paten karena merasa penemuan teknologinya itu masih harus disempurnakan.

Kondisi tersebut menjadi peluang bagi kedua koleganya untuk mencuri ide dan mematenkannya pada tahun 1959. Akhirnya, setelah selama tiga tahun bertarung di pengadilan, Gould bisa secara sah untuk menyebutkan namanya atas pertarungan penemuan teknologi ini. Selain itu Gould juga berhasil mengklaim beberpa juta dolar royalti.


5. Radio

Radio | jalantikus.com

Pada dekade terakhir abad ke-19, seorang pria bernama Nikola Tesla mengklaim bahwa ia bisa menggunakan kumparan tesla bermuatan elektronik untuk mengirimkan pesan jarak jauh. Dan pada tahun 1900 Nikola berhasil menerima paten atas idenya tersebut.

Sayangnya, seorang penemu bernama Marconi mencoba menemukan sesuatu yang serupa dengan menggunakan paten milik Nikola. Marconi akhirnya berhasil menciptakan sebuah radio sekaligus diberikan paten atas penemuannya tersebut.

Karena nggak punya uang yang cukup, Nikola akhirnya nggak menuntut Marconi atas pencurian idenya ini. Walaupun begitu, akhirnya penemuan teknologi radio ini dikreditkan kepadanya setelah kematiannya pada tahun 1943.

6. Facebook

Facebook | jalantikus.com

Salah satu platform media sosial ini juga punya sejarah mencuri ide orang lain. Semua orang tahu jika Mark Zuckerberg adalah orang yang menciptakan Facebook. Ia pertama kali meluncurkan Facebook pada tahun 2004 ketika ia masih menjadi mahasiswa tingkat dua di Universitas Harvard.

Namun, peluncuran Facebook tersebut diduga dilakukan Zuckerberg tanpa sepengatahuan dari ketiga teman sekelasnya yaitu Cameron, Tyler Winklevoss, dan Divya Narenda yang juga ikut memikirkan idenya.

Baca Juga: Selamat Hari Pahlawan, Perkenalkan Kami Para Pahlawan Terlupakan

Akhirnya, pada tahun 2007 ketiga teman sekelasnya tersebut menerima pembayaran dari Facebook untuk meredakan ketegangan yang terjadi antara mereka dan Zuckerberg.

7.  Lampu

Lampu | jalantikus.com

Salah satu temuan teknologi yang paling berguna ini ditemukan oleh Thomas Alfa Edison. Namun, sebenarnya ia tidak benar-benar menjadi penemu lampu.

Penemu lampu yang sebenarnya adalah bernama Heinrich Goebel. Namun, pada tahun 1854 entah kenapa Goebel berniat untuk menjual penemuan luar biasanya itu ke Thomas. Karena saat itu Thomas tidak melihat manfaat dari penemuan teknologi tersebut akhirnya ia menolak untuk membelinya.

Namun, tidak lama setelah kematian Goebel, Thomas akhirnya membeli paten dari penemuan lampu lewat istri Goebel dan mengklaim sebagai penemunya.

8. Televisi

TV | jalantikus.com

TV pertama di dunia dibuat oleh seorang pria bernama Vladimir Zworykin untuk perusahaan elektronik RCA. Tapi, kenyataannya penemu asli TV adalah seorang pria bernama Philo Taylor Farnsworth. Farnsworth pertama kali menemukan TV pada tahun 1927 di usianya yang ke-27 tahun.

Kekeliruan ini bermula ketika tiga tahun setelah Farnsworth berhasil menemukan teknologi ini, Zworykin mengunjungi laboratorium miliknya yang berujung pada pencurian ide.

Setelah bertahun-tahun kasus ini diurus oleh pengadilan, akhirnya perusahaan RCA kalah banding dan Farnsworth berhak menerima hak royalti atas penemuannya tersebut. 

Itulah beberapa penemuan teknologi terkenal yang ternyata hasil mencuri ide milik orang lain. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0