Teleskop ‘James Bond’ Ambruk

Kerusakan teleskop di observatorium ini diawali dengan putusnya kabel yang menopang piringan reflektor.
Supriyanto - Kamutau?,Rabu, 02-12-2020 16:50 WIB
Teleskop ‘James Bond’ Ambruk
Arecibo, Salah satu teleskop terbesar di dunia.

Nusantaratv.com - Rusak parah sejak Agustus, akhirnya teleskop radio besar di Observatorium Arecibo, Puerto Rico runtuh dan hancur pada Selasa (1/12). 

Teleskop yang telah beroperasi selama 57 tahun itu telah banyak berkontribusi dalam penemuan di bidang astronomi. Menurut laporan, platform instrumen 900 ton teleskop yang memburuk, digantung oleh kabel 450 kaki (137 meter) di atas piring reflektor berbentuk mangkuk selebar 1.000 kaki (305 meter), jatuh pada Selasa (1/12) pagi waktu Puerto Rico.

Teleskop Arecibo terkenal setelah masuk dalam film James Bond pada 1995. Film berjudul Golden Eye dengan pemeran utamanya Pierce Brosnan, salah satu adegan syutingnya diambil di lokasi observatorium ini.

Yayasan Sains Nasional Amerika Serikat (AS) atau NSF mengatakan, tidak ada korban jiwa atas insiden runtuhnya salah satu teleskop terbesar di dunia itu. Selama ini teleskop difungsikan untuk menerima gelombang radio dari angkasa luar.

Selain itu, para ilmuwan di seluruh dunia juga memanfaatkan teleskop di Observatorium Arecibo untuk mencari tanda-tanda kehidupan di luar bumi. Selain itu juga untuk mempelajari planet lain yang jauh, atau menemukan asteroid yang berpotensi membahayakan bumi.

Teleskop radio ikonik di Puerto Rico, Arecibo akan dibongkar. - (reuters)

Kerusakan teleskop di observatorium ini diawali dengan putusnya kabel yang menopang piringan reflektor. Perusahaan teknik telah ditugaskan oleh University of Central Florida, yang mengelola observatorium tersebut untuk mempelajari cara-cara memperbaiki kerusakan.

Hasil kajian teknik NSF dan universitas yang dilakukan di bulan November menyimpulkan upaya memperbaiki struktur akan terlalu berbahaya. Karena itu diputuskan teleskop berusia 57 tahun itu harus dihancurkan.

NSF mengatakan bahwa temuan awal menunjukkan bagian atas dari ketiga menara pendukung teleskop putus dan saat platform instrumen jatuh, kabel pendukung teleskop juga jatuh.

“Kami sedih dengan situasi ini tetapi bersyukur tidak ada yang terluka,” ujar direktur NSF Sethuraman Panchanathan dalam sebuah pernyataan.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0