Startup Indonesia Ini Ciptakan Gelas yang Bisa Dimakan

David pun berkreasi menggunakan rumput laut sebagai bahan membuat gelas kemasan yang bisa dimakan
Supriyanto - Kamutau?,Kamis, 29-10-2020 16:23 WIB
Startup Indonesia Ini Ciptakan Gelas yang Bisa Dimakan
Gelas hasil inovasi Evoware, bisa dimakan.

Nusantaratv.com - Dunia kini kewalahan untuk menanggulangi limbah plastik. Ilmuwan dari berbagai negara berlomba mencari solusi menanggulangi sampah plastik.

Kalau para peneliti dari berbagai negara berusaha dapat mengurai material kimia plastik agar dapat di urai atau dilenyapkan, berbeda dengan yang dilakukan oleh salah satu startup asal Indonesia ini. 

Startup yang dikenal dengan nama Evoware ini mencoba menghadirkan solusi ramah lingkungan agar kita terhindar dari ketergantungan pada plastik.

Pada 2016 silam, Evoware merilis produk-produk ramah lingkungan untuk penunjang industri kuliner, yakni berupa gelas yang bisa dikonsumsi. Gelas yang bisa dimakan ini diciptakan untuk mengganti gelas plastik yang kadung sering digunakan.

Selain gelas plastik, Evoware juga menghadirkan inovasi kemasan untuk snack dan juga minuman sachet yang ‘edible’. Kira-kira apa ya bahan dasar yang digunakan untuk membuat gelas dan kemasan yang edible ini?

Baca Juga: Ditinggal Turis, Warga Bali Kembali Jadi Petani Rumput Laut

Gunakan Rumput Laut
 
Rumput laut

Evoware ini didirikan oleh seorang pemuda Indonesia bernama David Christian pada 2015 silam. David yang sempat menempuh studi selama beberapa tahun di Kanada, mulanya risau dengan pencemaran air yang terus terjadi di Jakarta.

Terlebih saat David mengetahui ada sejumlah pabrik plastik yang juga menggunakan bahan kimia berbahaya. Ia khawatir limbah dari pabrik ini nantinya dapat mencemari lingkungan, baik pada tanah, air maupun udara.

Belum lagi limbah plastik yang banyak dibuang ke laut, sehingga mengakibatkan banyak hewan laut terkontaminasi. Kegalauan David itu memunculkan sebuah ide untuk menciptakan kemasan gelas yang bisa dimakan.

Inovasi Gelas yang Bisa Dimakan © nowjakarta.co.id

David pun berkreasi menggunakan rumput laut sebagai bahan membuat gelas kemasan yang bisa dimakan. Karena ia melihat rumput laut banyak terdapat di Indonesia dan mudah didapatkannya.

Niatnya itu juga sekaligus ingin mengangkat kesejahteraan para petani rumput laut dan memberdayakan mereka dengan menciptakan produk ramah lingkungan.


Ello Jello, Inovasi Gelas yang Bisa Dimakan © Good News From Indonesia

Produk inovasi Evoware ini diberi nama Ello Jello. Memiliki ragam manfaat dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. 

Baca Juga: Cara Membuat Agar-Agar Busa

Keunikan dari produk Ello Jello ini bisa hancur dengan sendirinya setelah lebih kurang 30 hari. Produk Ello Jello juga sudah mendapat sertifikasi halal, sehingga bisa dipergunakan oleh siapa pun yang memerlukannya.

Dari segi harga produk Evoware ini masih cukup ‘pricey’. Untuk per cup ukuran 10 cm harganya masih sekitar Rp 20 ribuan. Sedang kalau pembelian skala besar tentunya bisa jauh lebih murah. Berminat?

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0