SpaceX Siap Kirim Astronot ke Orbit Minggu Ini

Bagi NASA, ini menandai awal penggunaan perusahaan swasta sebagai 'layanan taksi'
Sarah Fiba - Kamutau?,Jumat, 13-11-2020 12:30 WIB
SpaceX Siap Kirim Astronot ke Orbit Minggu Ini
(SpaceX)

Nusantaratv.com- SpaceX akan mengirim empat astronot ke orbit rendah Bumi sebagai bagian dari penerbangan awak operasional pertamanya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

 Awaknya, yang terdiri dari satu astronot Jepang dan tiga astronot AS, dijadwalkan lepas landas tak lama setelah tengah malam pada Minggu (15/11). 

Metro.co.uk melaporkan, awak akan lepas landas dengan sistem roket dan kapsul yang dibangun oleh perusahaan kedirgantaraan pengusaha miliarder Elon Musk. 

 "Ini adalah kehormatan besar yang menginspirasi kepercayaan dalam upaya kami untuk kembali ke Bulan, melakukan perjalanan ke Mars, dan pada akhirnya membantu umat manusia menjadi multi-planet. '' kata Elon Musk. 

Bagi NASA, ini menandai awal penggunaan perusahaan swasta sebagai 'layanan taksi' untuk menerbangkan awaknya ke dan dari stasiun luar angkasa.

 Badan antariksa AS mengumumkan minggu ini bahwa mereka telah mensertifikasi kapsul Naga Kru SpaceX dan roket Falcon 9 untuk membawa astronot. 

Yang akan menjadikannya sistem penerbangan luar angkasa manusia komersial pertama dalam sejarah.

Sejak mengakhiri program Pesawat Ulang Aliknya pada tahun 2011, NASA bergantung pada badan antariksa Rusia Roscosmos untuk mengangkut astronotnya ke stasiun luar angkasa. 

 Dengan biaya sekitar 90 juta dolar AS per kursi.

 Sertifikasi SpaceX mengakhiri ketergantungan NASA pada Rusia dan datang dengan harga sekitar 55 juta dolar AS (£ 40 juta)  per astronot. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0