Socotra, Pulau di Tengah Samudera

Kepulauan kecil ini seperti tak terpengaruh oleh waktu sehingga tidak ada perubahan di pulau ini.
Supriyanto - Kamutau?,Rabu, 28-10-2020 20:23 WIB
Socotra, Pulau di Tengah Samudera
Kepulauan Socotra di tengah Samudera Hindia.

Nusantaratv.com – Saat membicarakan pulau Socotra di Yaman, kita akan teringat dengan cerita dajjal, karena selama ini konon kabarnya, dipulau inilah dajjal dikurung. Pulau yang terletak di Samudera Hindia ini jarang didatangi orang.

Pulau ini terpencil sendiri di tengah Samudera. Sejak dulu, kepulauan kecil ini seperti tak terpengaruh oleh waktu sehingga tidak ada perubahan di pulau ini. Karena itu pulau Socotra memiliki beberapa julukan, dari the lost world, pulau alien, hingga disebut sebagai tempat pengasingan atau persembunyian dajjal.

Dihimpun dari berbagai sumber, julukannya sebagai tempat persembunyian dajjal sudah dipercaya banyak orang. Dalam sebuah hadis sahih dikatakan, kalau secara tidak langsung Nabi seolah menunjukkan lokasi Socotra sebagai tempat berdiamnya Dajjal.

Letaknya yang aneh, mungkin menjadi alasan mengapa Socotra tidak pernah masuk dalam daftar kunjungan wisata. Hingga kini pulau ini seakan tak terusik, sehingga apa-apa yang ada di sana tidak pernah berubah.

Secara geografis, Socotra berada 240 km di timur Tanduk Afrika (Somalia). Sedangkan jika dilihat dari Yaman, Socotra berada 380 km di sebelah selatan. Tapi meski begitu, pulau Socotra sudah sejak lama dinobatkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

Baca Juga: Pohon Naga di Pulau Socotra yang bergetarh merah.

Socotra diketahui memiliki 800 ratus spesies berbeda, beberapa di antaranya bahkan sudah ada lebih dari 20 juta tahun. Spesies-spesies ini dapat ditemukan di permukaan bebatuan hangus di pulau ini. 

Salah satu tetumbuhan yang unik di pulau ini adalah adanya Pohon Darah Naga. Dengan bentuknya yang unik, pohon ini sekilas mirip dengan jamur raksasa dengan daunnya yang berwarna hijau. Secara ilmiah, pohon ini diberi nama Dracaena Cinnabari. 

Tapi tidak hanya tampilannya saja yang unik. Getah dari pohon naga ini juga berbeda dari yang lain. Diketahui, getah pohon ini berwarna merah seperti darah. Dengan sedikit mengikis pohonnya, getah darah akan langsung keluar.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0