Silvany Austin Pasaribu, Pembungkam PM Vanuatu di PBB

“Anda bukanlah representasi dari orang Papua, dan berhentilah berfantasi untuk menjadi salah satunya,” kata Silvany
Supriyanto - Kamutau?,Kamis, 01-10-2020 19:35 WIB
Silvany Austin Pasaribu, Pembungkam PM Vanuatu di PBB
Silvany Austin Pasaribu./blog.netray.id

Nusantaratv.com - Sosok Diplomat Silvany Austin Pasaribu mendadak jadi sorotan publik Indonesia lantaran sikapnya yang berani melawan PM Vanuatu dalam sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), terkait isu Papua.

Dalam sidang umum PBB yang digelar pada Sabtu (26/9/2020), Silvany sebagai perwakilan Pemerintah Indonesia menegaskan bahwa Vanuatu bukan perwakilan warga Papua saat menyampaikan hak jawab atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dilontarkan Vanuatu terhadap Indonesia. 

“Anda bukanlah representasi dari orang Papua, dan berhentilah berfantasi untuk menjadi salah satunya,” kata Silvany dalam sidang tersebut. 

Sebelumnya, pihak Republik Vanuatu dengan percaya diri mengungkit masalah Papua dalam Sidang PBB. Namun, Silvany menjawab dengan lugas, tegas sekaligus menohok. 

Dalam rekaman video resmi PBB, Silvany menyebut Vanuatu memiliki obsesi yang berlebihan dan tidak sehat tentang bagaimana Indonesia harus bertindak atau memerintah negaranya sendiri. 

Sebab, hampir setiap tahun dalam Sidang Umum PBB, Vanuatu selalu menyinggung isu dugaan pelanggaran HAM yang dialami masyarakat Papua. Indonesia sendiri menganggap bahwa tuduhan ini sengaja digaungkan untuk mendukung separatisme.

Baca Juga: Pierre Tendean Ternyata Punya Selera Musik Berkelas

“Indonesia akan membela diri dari segala advokasi separatisme yang disampaikan dengan kedok kepedulian terhadap hak asasi manusia yang artifisial,” kata Silvany. 

Atas aksinya tersebut, Silvany pun mengundang decak kagum publik di Tanah Air dan membuat publik penasaran terhadap sosoknya.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia, kemlu.go.id, berikut perjalanan karier Silvany Austin Pasaribu, diplomat muda Indonesia yang berani membungkam Perdana Menteri Vanuatu, Bob Loughman.

1. Second Secretary
Dalam portal Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, tercatat nama Silvany Austin Pasaribu di dalamnya. Diplomat wanita ini menjabat sebagai Sekretaris Kedua dalam Urusan Ekonomi I untuk Perutusan Tetap RI di PBB, New York, Amerika Serikat.
 
2. Atase di KBRI Inggris
Bukan hanya itu. Diplomat wanita yang membungkam Vanuatu ini juga pernah menjabat sebagai Atase Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI di Inggris.

3. Lulusan S2 Universitas Sydney
Silvany Austin Pasaribu merupakan lulusan dari Universitas Sydney, Australia. Di kampus itu, Silvany menempuh pendidikan Strata 2 atau biasa disebut S-2.

4. Alumnus S1 Unpad Bandung
Sebelumnya, Silvany menempuh pendidikan S-1 nya di Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat. Wanita yang tengah menarik perhatian dunia ini mengambil Jurusan Hubungan Internasional FISIP. Setelah lulus kuliah, Silvany Austin Pasaribu lantas memulai karier di Kementerian Luar Negeri RI atau Kemlu.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0