Siapa PNS Pertama di Indonesia?

Nah, kira-kira siapa ya PNS pertama di Indonesia ini?
Supriyanto - Kamutau?,Kamis, 12-11-2020 16:20 WIB
Siapa PNS Pertama di Indonesia?
Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Nusantaratv.com - Seperti seorang karyawan di perusahaan Swasta, Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga memiliki Nomor Induk Pegawai (NIP) sebagai identitas sah pegawai negeri yang diakui Negara.

Nah, kira-kira siapa ya PNS pertama di Indonesia ini? Tentu yang bersangkutan NIP-nya juga pasti nomor satu.

Seperti halnya nomor KTP, angka-angka yang tertera pada NIP juga memiliki maksud tersendiri. Misalnya NIP 19830429 200912 1 003 artinya PNS tersebut lahir tahun 1983 bulan April tanggal 29 dan menjadi PNS pada tahun 2009 bulan Desember dengan Jenis Kelamin Laki-laki dan Nomor Urut 003.

Namun untuk PNS jaman dulu belum ada itu format NIP seperti sekarang ini. Dan ternyata PNS pertama di Indonesia ini adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX dengan NIP-nya bernomor 010000001. Beliau yang masih keluarga Raja Keraton Yogyakarta menjadi orang pertama yang diangkat menjadi pegawai negeri sipil di negeri tercinta kita ini.

Baca Juga: Peringati Hari Pahlawan, Jalan Kaki Surabaya-Jakarta

Saat itu beliau diangkat oleh almarhum A.E Manihuruk selaku Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara (sekarang berganti menjadi BKN) pada tanggal 1 November 1974.

Bukti Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah PNS Pertama di Indonesia

Berita tersebut ternyata sudah dibenarkan dan diklarifikasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Andi Rahadian selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik PANRB mengatakan sudah jelas kalau almarhum Hamengku Buwono menjadi PNS yang pertama kalinya, itu sudah pasti tidak salah karna NIP nya 010000001, imbuh Andi.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0