Sempat Viral! Pembuang Sampah ke Kalimalang Terancam Denda Rp50 Juta!

Membuagn sampah ke Kalimalang merupakan perilaku buruk, terlebih sebentar lagi musim penghujan.
Supriyanto - Kamutau?,Jumat, 23-10-2020 17:14 WIB
Sempat Viral! Pembuang Sampah ke Kalimalang Terancam Denda Rp50 Juta!
Pengendara mobil Daihatsu jenis Blind Van dengan plat nomor B 9338 FCC itu membuang empat kantong plastik besar ke Kalimalang.

Nusantaratv.com - Video yang menggambarkan pengendara mobil sedang membuang sampah di Kalimalang, viral di media sosial. 

Pengendara mobil Daihatsu jenis Blind Van dengan plat nomor B 9338 FCC itu membuang empat kantong plastik besar ke Kalimalang pada Minggu (18/10/2020).

Setelah videonya viral, polisi pun mencari tahu siapa yang membuang kantong sampah ke Kalimalang tersebut. 

Menurut Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi, AKBP Dwi Prasetya, pihak kepolisian mencari pelaku pembuang sampah sembarang itu dengan maksud ingin mengetahui jenis sampah yang dibuang. Karena dikhawatirkan sampah yang dibuang itu sampah limbah.

“Dilihat dahulu bentuk sampahnya. Bisa (dikenakan sanksi), tetapi ini tipiring (tindak pidana ringan),” ucap Dwi saat dihubungi, Rabu (21/10/2020).

Perbuatan pengendara mobil yang membuang sampah sembarang di Kalimalang itu rupanya juga mendapat sorotan dari Pemkot Bekasi. Pemkot dan Pemkab Bekasi pun datang ke Kalimalang dan mengambil sampah-sampah yang dibuang tersebut.

“Hal tersebut merupakan perilaku buruk, terlebih sebentar lagi musim penghujan,” ujar Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto dalam cuitannya di akun Twitter @mastriadhianto.

Baca Juga: Besok Tiket Murah Pesawat Dijual, Ini Rutenya..

Menurut dia, dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.


Menyerahkan diri

Setelah videonya viral, sehari kemudian para pelaku pembuang sampah pun menyerahkan diri ke Polres Metro Bekasi pada Kamis (22/10/2020).

Dalam rekaman video terlihat tiga orang membuang sampah di pinggir Jalan Raya Inspeksi Kalimalang, dekat Ruko Kalimalang Indah, Kelurahan Setia Dharma, Kabupaten Bekasi.

Mereka adalah Abun Gunawan sebagai pemilik mobil, Rahmat yang bertindak sebagai sopir, dan Agung seorang kondektur.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan mengatakan, sampah yang dibuang ke Kalimalang itu berisi limbah domestik, yaitu sisa pesta ulang tahun anak Abun.

“Hari Minggu, 18 Oktober 2020 sekitar pukul 17.30 WIB ada pembuangan sampah di dalam kantong plastik berwarna hitam, kurang lebih sebanyak empat kantong plastik yang dibuang kenek berisi sisa udang, ikan. Kardus sisa acara ulang tahun anak Abun,” ujar Hendra.

Terancam denda Rp 50 juta

Hendra mengatakan akan menyerahkan kasus ini ke Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi. Tiga pelaku itu melanggar Pasal 20 juncto Pasal 46 Perda Kabupaten Bekasi Nomor 4 Tahun tentang Ketertiban Umum.

Baca Juga: Garuda Indonesia Terapkan Kebijakan Stimulus Subsidi Tiket Pesawat

Dalam Perda tersebut, pelaku bisa terancam kurungan penjara enam bulan atau denda paling banyak Rp 50 juta.

“Pelanggaran terhadap ketentuan sebagaimana diatur dalam Perda ini dipidana dengan kurungan enam bulan atau denda paling banyak Rp 50 juta,” tutur dia. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0