Percaya Teori Konspirasi, Ribuan Warga Tak Mau Tes Corona

Negara Bagian Victoria dengan Ibukota Melbourne Kini Mencatat 442 Kasus Aktif COVID-19.
Adiantoro - Kamutau?,Sabtu, 04-07-2020 18:28 WIB
Percaya Teori Konspirasi, Ribuan Warga Tak Mau Tes Corona
Ilustrasi. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Kesehatan Victoria, Australia, Jenny Mikakos mengatakan lebih dari 10.000 orang Melbourne yang tinggal di wilayah pusat penyebaran virus corona (COVID-19) menolak melakukan tes. 

Dilansir dari ABC Australia, Sabtu (4/7/2020), sebagian dari mereka percaya virus corona adalah konspirasi. Seiring dengan peningkatan jumlah kasus positif COVID-19 di beberapa wilayah di Melbourne, ratusan petugas telah dikerahkan untuk mengetuk pintu rumah warga di kawasan penyebaran baru virus corona.

Mereka mendorong warga menjalani tes yang sedang dilakukan besar-besaran oleh pemerintah. Jenny mengatakan sebanyak 164.000 orang telah dites di seluruh Victoria, melebihi target pemerintah, dan para petugas sudah mendatangi 95.000 rumah.

Namun, menurut Jenny, ada sekitar 10.000 orang lebih yang menolak untuk dites dengan alasan yang bermacam-macam, termasuk alasan jika mereka sudah menjalani tes 'swab'.

Baca Juga: Gegara Artikel 30 Tahun Lalu, Kepala Komunikasi Boeing Mengundurkan Diri

Ini mengkhawatirkan menurut laporan yang saya terima, beberapa orang percaya kalau virus corona adalah sebuah konspirasi atau merasa corona tidak berdampak untuk mereka - kata Jenny.

Negara bagian Victoria dengan ibukota Melbourne kini mencatat 442 kasus aktif COVID-19, termasuk enam orang berada di ruang perawatan intensif.

Pemimpin Victoria, Premier Daniel Andrews mengatakan meskipun angka kasus baru COVID-19 termasuk tinggi, tapi cukup melegakan melihat angkanya cenderung stabil daripada terus berlipat ganda.

Dia juga sudah mengumumkan dana tambahan sebesar 2 juta dolar Australia atau sekitar Rp20 miliar untuk dana kesehatan mental bagi warga yang tinggal di kawasan pusat penyebaran COVID-19.

Hari ini adalah hari kedua pemberlakukan pembatasan yang berdampak pada lebih dari 300.000 warga yang tinggal di 10 wilayah kode pos di Melbourne.

Menurut Jenny, wilayah kode pos dengan angka kasus terbesar adalah 3064, 3031, 3047, dan 3060. Kode pos ini menaungi wilayah Craigieburn, Donnybrook, Mickleham, Roxburgh Park, Kalkallo, Kensington, Flemington, Broadmeadows, Dallas, Jacana and Fawkner.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0