Perbedaan Kopi Bubuk dan Kopi Instan

Kopi merupakan minuman yang khas dan nikmat, baik diminum pagi, sore maupun malam.
Supriyanto - Kamutau?,Kamis, 17-09-2020 17:47 WIB
Perbedaan Kopi Bubuk dan Kopi Instan
Minuman kopi memiliki aroma yang khas./faktualnews.co

Nusantaratv.com - Kopi merupakan minuman yang khas dan nikmat, baik diminum pagi, sore maupun malam saat bekerja maupun sedang istrihat. Saat beraktivitas rasanya tidak lengkap kalau tidak ditemani secangkir kopi.

Ada dua jenis kopi dilihat dari proses pembuatannya, kopi bubuk dan kopi instan. Kopi bubuk dan kopi instan memiliki perbedaan yang mencolok dilihat dari berbagai segi. 

Baca Juga: Pelatihan Pemasaran dan Kemasan Produk Kopi

Disini anda akan melihat bedanya kopi instan dengan kopi bubuk diantaranya :

1. Dari segi pembuatannya

  • Perbedaan kopi bubuk dengan kopi instan dari pembuatannya kopi bubuk biasanya memiliki tahap proses pengupasan biji kopi, penjemuran kopi, penggilingan kopi dan roasting. Komposisi kopi bubuk alakadarnya dan natural.
  • Sedangkan kopi instan setelah melewati penggilingan, maka akan melewati tahap ekstrak dimana kopi akan duji cita rasanya, dimana masing-masing produk kopi sering sering mempunyai berbeda rasa maupun aroma karena penambahan komposisi zat pendukung ke dalam kopi.

2. Teknologi Pemprosesan

  • Dilihat dari cara produksinya kopi bubuk cenderung memakai alat atau mesin yang sederhana dan pabrik kopi bubuk terbilang tidak besar sedang kopi instan biasanya memakai teknologi mesin yang canggih dan pabrik kopi yang luas dan modern serta mempunya brand kopi yang sudah dikenal.

3. Kadaluarsa

  • Perbedaan kopi bubuk dan kopi instan dilihat dari batas waktu penggunaan kopi, kopi bubuk lebih cenderung paling kuat seminggu atau beberapa hari saja itupun aromanya kadang sudah berubah bahkan bisa berjamur maka direkomendasikan jika mempunyai atau membeli kopi bubuk hendaknya dalam wadah tertutup serta kedap udara.
  • Sedang kopi instan biasanya batas waktu kadaluarsa lebih lama karena kemasan yang kedap udara asal disimpan ditempat yang kering dan sejuk tidak lembab.

4. Aroma kopi

  • Dilihat dari aromanya, kopi instan aroma kopinya sudah sedikit berkurang, dikarenakan misal ditambahkan sesuatu zat yang lain kedalam kopi sehingga mengubah aroma kopi itu sendiri. Seperti yang telah dibicarakan bahwa tiap-tiap produk kopi instan berbeda aromanya.
  • Sedang kopi bubuk aroma khas kopi alami karena tidak dikurangi dan tidak melewati proses lain dan penambahan kimia lainnya.

5. Kandungan Kafein

  • Kadar kafein dalam kopi instan akan berkurang karena melewati proses yang panjang daripada kopi bubuk sehingga kandungan kafein kopi instan cenderung berkurang sehingga tidak efektif untuk mengusir ngantuk. Jelas kopi bubuk lebih kental kafein dan sangat efektif agar mata anda tetap terjaga.

6. Ampas kopi

  • Kopi bubuk memilik ampas yang banyak sehingga menciptakan limbah tetapi limbah yang baik untuk lingkungan dan sangat baik untuk pupuk, karena proses penggilingan kopi bubuk yang cukup sederhana. Sedang kopi instan melalui proses yang sangat panjang dan sangat sedikit ampasnya bahkan kopi tanpa ampas sekalipun.

7. Desain kemasan

  • Kemasan kopi bubuk boleh dibilang sederhana dan tidak mempunyai brand kemasan terkenal, sedangkan desain kemasan kopi instan mencolok dan enak dipandang.

8. Budget

  • Biaya untuk kopi instan tergolong super murah hanya untuk segelas kopi anda bisa membeli kopi sachet kopi dalam satuan atau bahkan satu renteng kopi instan dengan budget yang murah. Sedang untuk menikmati berbagai macam kopi bubuk dari berbagai jenis kopi maka bersiap-siaplah anda mengeluarka budget yang tidak sedikit belum lagi anda harus membeli pemanis kopi jika hemdak membuat kopi dengan kopi bubuk atau istilah kerennya kopi tubruk.

Apakah Anda membeli kopi bubuk karena cara penyajiannya jauh lebih praktis? Kopi bubuk lebih terlihat sederhana. Kalau biji kopi yang baru saja disangrai (roasting) memiliki kandungan minyak dan gas. Gas tersebut yang memancarkan aroma kopi. Ini menjadi salah satu faktor yang membuat kopi terasa lebih nikmat dan banyak diminati oleh penikmat kopi, meskipun membutuhkan proses panjang untuk menyeduhnya.

Baca Juga: Masker Kopi untuk Kecantikan

Jadi, mau pilih yang mana, memilih kopi bergantung pada selera Anda mau kopi bubuk atau kopi instan. Jika memilih kopi instan anda akan merogoh kocek sedikit dan biasanya harganya lebih murah dan enteng di seduh bahkan kopi tanpa ampas dan tersedia dimana saja baik warung maupun supermarket. Jika memilih kopi bubuk anda akan dihadapkan ampas atau istilah orang menamai kopi tubruk, kopi juga harganya tidak semurah kopi instan namun aroma kopinya masih sangat terasa.

Sumber: medium.com

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0