Pantas! Sepeda Motor Tidak Laku di Jepang, Ini Sebabnya

Sebagai negara produsen sepeda motor, ternyata masyarakat Jepang tidak suka naik sepeda motor
Supriyanto - Kamutau?,Kamis, 15-10-2020 20:54 WIB
Pantas! Sepeda Motor Tidak Laku di Jepang, Ini Sebabnya
Orang Jepang lebih suka menggunakan sepeda daripada sepeda motor.

Nusantaratv.com - Sebagai negara produsen sepeda motor, ternyata masyarakat Jepang tidak suka naik sepeda motor, berbeda dengan di Indonesia. Di sini sepeda motor seakan sudah menjadi kebutuhan wajib yang harus dimiliki. Sedangkan masyarakat Jepang untuk bepergian lebih memilih menggunakan transportasi publik.

Banyak masyarakat Indonesia memilih sepeda motor sebagai sarana transportasi utama. Selain murah, juga praktis untuk dikendarai kemana-mana. Dan mayoritas sepeda motor yang dipasarkan di Indonesia berasal dari pabrikan asal Jepang. Bahkan hampir tidak kurang dari 90% merek motor yang beredar di Indonesia berasal dari Negeri Matahari terbit.

Baca Juga: Mantap! Toyota Bakal Kembangkan Truk Listrik

Meski sebagai negara “pembuat sepeda motor”, penjualan kendaraan roda dua di Jepang tidak selaris di Indonesia. Di Jepang hampir boleh dikata sepeda motor tidak laku. Berbanding terbalik dengan Indonesia, orang-orang di sini lebih memilih menggunakan sepeda motor ketimbang transportasi umum, orang Jepang justru lebih memilih naik transportasi umum ketimbang sepeda motor. Transportasi umum di Jepang dinilai lebih murah dibanding menggunakan kendaraan pribadi.
 
Sebab lainnya, harga parkir di Jepang cukup mahal, sehingga orang Jepang tidak suka menggunakan kendaraan pribadi. Biaya parkir di Jepang per jam dapat mencapai 200 yen atau setara dengan 23 ribu rupiah. Bahkan ketika musim dingin, parkir motor di Jepang dapat lebih mahal dari angka tersebut.

Selain itu, Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Jepang, untuk sepeda motor di atas 250 cc diharuskan menggunakan SIM seperti mobil. Sehingga orang Jepang lebih memilih mengendarai mobil daripada sepeda motor.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0