Negara Ini Laporkan Kasus Covid-19 Pertama

Kepulauan Pasifik yang terpencil sebagian masih aman dari corona.
Sarah Fiba - Kamutau?,Jumat, 20-11-2020 08:30 WIB
Negara Ini Laporkan Kasus Covid-19 Pertama
(Aa.com)

Nusantaratv.com- Samoa mengumumkan kasus Covid-19 pertama pada Kamis (19/11) , ketika pandemi virus corona terus menyebar ke negara-negara kepulauan Pasifik yang sebelumnya lolos dari teror virus tersebut. 

Perdana Menteri Tuilaepa Sailele Malielegaoi menyerukan ketenangan di negara berpenduduk 200.000 itu setelah mengonfirmasi seorang pria yang terbang Samoa pada Jumat lalu dinyatakan positif saat berada dalam isolasi. 

"Kami sekarang memiliki satu kasus dan akan ditambahkan ke negara-negara di dunia yang terjangkit virus corona," katanya dikutip AFP. 

Malielegaoi mengatakan pria yang terinfeksi itu adalah eorang pelaut. 

Ia telah tiba dengan penerbangan repatriasi melalui Auckland, salah satu dari sedikit kedatangan perbatasan yang diizinkan Samoa dalam beberapa bulan terakhir.

Dia tidak mengatakan di mana pria itu sebelumnya berada tetapi mengatakan dia dites negatif sebelum meninggalkan Selandia Baru tetapi hasil swabnya kembali positif pada hari Selasa. 

Kepulauan Pasifik yang terpencil termasuk di antara yang paling berhasil di dunia dalam mencegah masuknya virus. 

 Setelah menutup perbatasan mereka lebih awal sebagai tanggapan atas ancaman tersebut, meskipun biaya besar bagi ekonomi yang bergantung pada pariwisata.

Namun dalam dua bulan terakhir, Vanuatu, Kepulauan Solomon, Kepulauan Marshall, dan sekarang Samoa telah kehilangan status bebas virus yang didambakan. 

Negara pulau dan teritori Kiribati, Mikronesia, Nauru, Palau, Tonga dan Tuvalu diyakini masih bebas dari virus tersebut.

 

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0