Mobil Kebanjiran, Asuransi Mobil Gugur Jika...

Agar jaminan asuransi berlaku, disarankan tidak menerobos genangan dan menghidupkan mesin apabila dikepung air.
Supriyanto - Kamutau?,Rabu, 28-10-2020 19:35 WIB
Mobil Kebanjiran, Asuransi Mobil Gugur Jika...
Mobil terendam banjir masih dilindungi asuransi?

Nusantaratv.com – Beberapa pemilik mobil terkadang kurang memahami persyaratan dan ketentuan yang berlaku pada asuransi kendaraan yang dimilikinya. 

Biasanya untuk kendaraan yang dibeli dengan sistem kredit akan dibekali perlindungan asuransi. Tujuannya jelas untuk melindungi pemilik saat terjadi musibah yang terjadi secara tiba-tiba.

Jenis perlindungan asuransi juga bermacam-macam bergantung pada tipe asuransi yang dipilih. Misalnya asuransi jenis Loss Only, jenis ini lebih murah, namun klaim hanya bisa diajukan jika kerusakan kendaraan melebihi 75%. 

Lalu ada juga tipe Comprehensive yang menyediakan layanan yang lebih eksklusif, pemegang asuransi dapat mengajukan klaim meski kendaraannya hanya mengalami kerusakan sedikit. Tapi asuransi jenis ini biaya tahunannya lebih mahal. Disamping itu, saat mengajukan klaim pemilik juga akan dikenai biaya tambahan.

Baca Juga: PT Pos Indonesia Bangun dari Tidur Panjangnya

Saat musim hujan tiba, disarankan kepada pemilik kendaraan agar membeli paket tambahan untuk asuransinya, yakni perluasan jaminan. Perluasan jaminan ini untuk antisipasi kalau kendaraan terjebak banjir.

“Dengan perluasan jaminan, pengendara bisa dijamin dari kerugian karena bencana alam, termasuk hujan es, banjir dan lainnya. Tanpa adanya perluasan manfaat, risiko tersebut tidak akan dijamin,” ujar Direktur PT Asuransi Adira Dinamika, Donni Gandamana.

Meski demikian, ada satu hal yang bisa menggugurkan jaminan saat kendaraan dalam kondisi kebanjiran. Yakni, tidak menerobos genangan dan menghidupkan mesin apabila dikepung air. Sebab, hal itu masuk dalam pengecualian yang tidak dijamin dalam polis asuransi.

“Apabila berada di genangan air, sebisa mungkin tinggalkan kendaraan, kunci kendaraan, tunggu hingga air surut dan menghubungi pihak asuransi atau derek untuk mengangkut mobil,” tuturnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0