Meski Telan Korban, Uji Coba Vaksin Covid-19 Oxford Tetap Dilanjutkan

Hasil awal dari uji coba menunjukkan vaksin itu aman
Sarah Fiba - Kamutau?,Jumat, 23-10-2020 11:15 WIB
Meski Telan Korban, Uji Coba Vaksin Covid-19 Oxford Tetap Dilanjutkan
(AP)

Nusantaratv.com- University of Oxford mengatakan akan tetap melanjutkan uji coba vaksin COVID-19 di Brasil, setelah kematian seorang sukarelawan.

Sebelumnya, otoritas kesehatan Brasil pada Rabu (21/10) mengatakan seorang sukarelawan dalam uji klinis vaksin potensial - yang telah dilisensikan kepada raksasa farmasi AstraZeneca - telah meninggal.

Tetapi universitas mengatakan tinjauan independen tidak mengungkapkan masalah keamanan.

"Setelah penilaian yang cermat atas kasus ini di Brasil, tidak ada kekhawatiran tentang keamanan uji klinis dan tinjauan independen selain regulator Brasil telah merekomendasikan bahwa uji coba harus dilanjutkan," kata seorang juru bicara Oxford dikutip Skynews.

AstraZeneca dan Oxford dianggap sebagai pelari terdepan dalam perlombaan global untuk menghasilkan suntikan virus corona. 

Vaksin ini dalam uji coba Tahap 3 - tahap terakhir sebelum pengobatan dinyatakan aman - di banyak negara, termasuk AS dan India.

Pada bulan September, uji coba di Inggris dihentikan sementara karena kemungkinan efek samping yang berbahaya, tetapi kemudian dimulai kembali ketika Medicines Health Regulatory Authority menyatakan aman untuk dilanjutkan.

Hasil awal dari uji coba menunjukkan vaksin itu aman dan menghasilkan respons kekebalan yang kuat pada sukarelawan, tetapi tidak diketahui seberapa efektif vaksin itu.

Brasil memiliki wabah COVID-19 paling mematikan kedua setelah AS, dengan lebih dari 154.000 kematian. Ini adalah wabah terburuk ketiga dalam hal kasus, dengan lebih dari 5,2 juta terinfeksi, setelah AS dan India.

 

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0