Menikmati Cacing Laut, Kuliner Khas Raja Ampat

Cacing laut insonem, kuliner khas Raja Ampat.
Supriyanto - Kamutau?,Kamis, 15-10-2020 18:59 WIB
Menikmati Cacing Laut, Kuliner Khas Raja Ampat
Cacing laut insonem dari Raja Ampat

Nusantaratv.com - Bagi para diver dan penggemar aktivitas snorkeling, Raja Ampat adalah surga. Keindahan alam bawah lautnya luar biasa bahkan seluruh dunia mengakui hal itu. Tidak salah jika banyak orang ingin menjadi saksi langsung keindahan tersebut meski akses transportasi untuk bisa menikmati destinasi wisata di Raja Ampat masih sangat terbatas, dan harganya cukup menguras kantong.

Di samping destinasi wisata bahari yang telah kondang dimana-mana, di Raja Ampat ini juga terkenal akan kuliner khasnya yang tak kalah menarik untuk dicoba. Banyak jenis makanan disana yang sulit ditemui di daerah lain di Indonesia.

Misalnya saja cacing laut insonem yang biasa dikonsumsi masyarakat lokal papua. Cacing ini berbentuk seperti cacing tanah, namun dengan ukuran yang lebih panjang. Kira-kira bisa mencapai 30 cm panjangnya.

Baca Juga: Jangan Makan Dendeng Berlebihan, Bahaya!

Seperti lazimnya olahan makanan, kuliner cacing laut ini bisa diolah dengan cara digoreng seperti layaknya ikan, lalu dibumbui gurih atau pedas ala rica-rica. Ketika dimakan atau dikunyah, teksturnya kenyal dan sedikit alot, mirip dengan daging gurita. Sebelum diolah, biasanya kepala dan ekor cacing dipotong terlebih dahulu.


Mujarab untuk keperkasaan pria

Cacing laut di Raja Ampat ini berbeda dengan cacing nyale di Lombok yang hanya muncul setahun sekali, cacing laut insonem bisa ditemukan saban hari ketika air laut sedang meti--istilah penduduk Ayau untuk air laut saat surut. Caranya cukup dengan menusukkan batang kayu ke dalam pasir, cacing pun akan melilitnya dan tertarik ke luar.

Bagi penduduk Kepulauan Ayau, di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, cacing insonem sudah jadi komoditas yang menguntungkan secara ekonomi karena memiliki nilai jual yang lumayan tinggi.

Soal khasiat makan cacing laut ini, menurut masyarakat lokal, sangat bermanfaat bagi kaum laki-laki yang ingin menambah kekuatan dan stamina, karena cacing berwarna cokelat kemerahan ini disebut mengandung protein yang tinggi.

Cacing laut ini juga bisa disajikan dengan sayuran atau dibuat menjadi keripik. Soal harga, untuk seporsi cacing laut biasanya dibanderol Rp10-25 ribu.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0