Mengenal Amonium Nitrat yang Disebut Jadi Penyebab Ledakan Beirut

amonium nitrat adalah pengoksidasi
Sarah Fiba - Kamutau?,Rabu, 05-08-2020 15:49 WIB
Mengenal Amonium Nitrat yang Disebut Jadi Penyebab Ledakan Beirut
(AFP))

Nusantaratv.com- Amonium nitrat, yang oleh pemerintah Lebanon dikatakan sebagai  penyebab ledakan Beirut , adalah zat kristal tak berbau yang biasa digunakan sebagai pupuk yang telah menjadi penyebab berbagai ledakan industri selama beberapa dekade.

Ini termasuk di pabrik pupuk Texas pada tahun 2013 yang menewaskan 15 dan diperintah secara sengaja, dan lainnya di sebuah pabrik kimia di Toulouse, Prancis pada 2001 yang menewaskan 31 orang tetapi tidak disengaja.

Ketika dikombinasikan dengan bahan bakar minyak, amonium nitrat menciptakan peledak kuat yang banyak digunakan oleh industri konstruksi, tetapi juga oleh kelompok pemberontak seperti Taliban untuk bahan peledak improvisasi.

Perdana Menteri Libanon Hassan Diab mengatakan 2.750 metrik ton amonium nitrat yang telah disimpan selama bertahun-tahun di sebuah gudang di pinggir kota Beirut meledak, menewaskan puluhan orang dan menyebabkan kerusakan yang belum pernah terjadi sebelumnya di ibukota Lebanon.

Namun, dalam kondisi penyimpanan normal dan tanpa panas yang sangat tinggi, sulit untuk menyalakan amonium nitrat, Jimmie Oxley, seorang profesor kimia di Universitas Rhode Island, mengatakan kepada AFP.

"Jika Anda melihat video (ledakan Beirut), Anda melihat asap hitam, Anda melihat asap merah, itu adalah reaksi yang tidak lengkap," katanya.

"Saya berasumsi bahwa ada ledakan kecil yang memicu reaksi amonium nitrat - apakah ledakan kecil itu kecelakaan atau sesuatu yang sengaja saya belum dengar."

Itu karena amonium nitrat adalah pengoksidasi - ini meningkatkan pembakaran dan memungkinkan zat lain untuk menyala lebih mudah, tetapi tidak dengan sendirinya sangat mudah terbakar.

Karena alasan ini, umumnya ada aturan yang sangat ketat tentang tempat penyimpanannya: Misalnya, harus dijauhkan dari bahan bakar dan sumber panas.

Faktanya, banyak negara di Uni Eropa mengharuskan kalsium karbonat ditambahkan ke amonium nitrat untuk membuat kalsium amonium nitrat, yang lebih aman.

Terlepas dari bahayanya, Oxley mengatakan penggunaan amonium nitrat yang sah dalam pertanian dan konstruksi membuatnya sangat diperlukan.

"Kita tidak akan memiliki dunia modern ini tanpa bahan peledak, dan kita tidak akan memberi makan populasi yang kita miliki sekarang tanpa pupuk amonium nitrat," katanya.

"Kita membutuhkan amonium nitrat, kita hanya perlu memperhatikan apa yang kita lakukan, ". 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0