Mengapa Membaca Buku Bisa Bikin Ngantuk?

Para ahli percaya ada berbagai alasan mengapa orang kadang mengantuk saat membaca. 
Supriyanto - Kamutau?,Senin, 12-10-2020 20:39 WIB
Mengapa Membaca Buku Bisa Bikin Ngantuk?
Membaca kegiatan yang mengasyikkan tapi juga bikin ngantuk.

Nusantaratv.com - Saat kita membaca buku, tak lama kemudian biasanya kita akan merasa mengantuk. Para ahli percaya ada berbagai alasan mengapa orang kadang mengantuk saat membaca. 

Tindakan membaca membutuhkan gerakan mata secara teratur karena mata dipaksa mengikuti kata-kata di seluruh halaman.

Ini juga membutuhkan kekuatan otak ketika mata menafsirkan huruf-huruf yang dilihat di depannya, dan mengubahnya menjadi kata-kata, kalimat, dan paragraf yang bermakna.

Ketika otak kita bekerja keras dan otot mata lelah, wajar apabila mata membutuhkan istirahat, yang menyebabkan mata perlahan-lahan menutup dan tertidur.

Membaca bukanlah hal yang buruk bagi mata. Seseorang yang memakai kacamata sebaiknya mengenakan kacamata ketika membaca karena hal ini bisa menjaga mata dari ketegangan.

Ketika membaca, biasanya kita akan melakukannya di lokasi yang nyaman, seperti kasur atau kursi favorit. Kondisi rileks dan seluruh tubuh berada pada posisi istirahat memungkinkan Anda semakin mengantuk.

Baca Juga: Oleskan Bawang Merah ke Leher Sebelum Tidur dan Rasakan Manfaatnya di Pagi Hari

Terlebih, bila kita membaca buku pada jam-jam tidur, sedangkan tubuh dan pikiran sudah lelah dan siap untuk tidur, maka mengantuk ketika membaca buku menjadi tidak terelakkan.

Mengantuk ketika membaca buku menjadi semakin kuat ketika buku bacaan yang dibaca tidak menarik minat.

Jika menganggap buku yang kita baca membosankan atau tidak menangkap imajinasi, pikiran cenderung mengembara, dan semakin mendorong kita untuk tidur.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0