Memasak Pare Agar Tidak Pahit, Begini Caranya

Pare banyak mengandung vitamin A dan C
Supriyanto - Kamutau?,Rabu, 02-12-2020 16:20 WIB
Memasak Pare Agar Tidak Pahit, Begini Caranya
Sayur pare terkenal rasanya yang pahit.

Nusantaratv.com - Anda tentu sudah mengenal sayuran bernama pare kan? Sayuran yang memiliki rasa pahit ini selalu ada saat kita membeli jajanan Somay. Meski pahit, pare dikenal memiliki banyak khasiat. 

Dari dulu pare dikenal sebagai sayuran yang manjur untuk pengobatan dan melancarkan pencernaan. Selain rasa pahit, pare juga memiliki rasa getir di lidah. Banyak orang suka menyantap pare karena pahitnya.

Bagi Anda yang hingga saat ini kurang menyukai sayuran ini, sebaiknya berpikir ulang, karena pare banyak mengandung vitamin A dan C. Jadi sayang kalau Anda tidak menyukai pare hanya karena rasanya. Lagi pula rasa pahit pare sebenarnya bisa disamarkan dengan beberapa cara pengolahan seperti di bawah ini.

1. Pilih jenis pare yang anda sukai

Jenis pare yang dapat anda temukan di pasaran ada tiga macam yaitu pare gajih atau pare putih dan pare hijau. Ada juga pare ular yang bentuknya bulat panjang dan agak melengkung dengan permukaan kulit buahnya berwarna hijau keputihan. Jenis pare ular ini memiliki rasa yang tidak begitu pahit dibandingkan dua jenis pare lainnya. Pare jenis ini lah yang bisa menjadi salah satu pare yang bisa kamu olah untuk mengurangi rasa pahit.


2. Belah dan hilangkan bagian tengah pare yang berwarna putih

Menghilangkan  bagian dalam pare bermanfaat untuk mengurangi rasa pahitnya. Nah, cara menghilangkan bagian tengahnya sendiri itu sangat mudah. Pertama anda harus membelah pare menjadi dua bagian, kemudian ambil sendok atau alat yang bisa mengerok bagian dalam pare. Lalu buang bagian dalam pare. Jika bagian dalam pare yang berwarna putih itu masih ada terus kerok hingga tidak terlihat lagi pada bagian hijau dari pare. Selanjutnya potong-potong pare sesuai selera anda.

Baca Juga: Cara Mudah Bikin Ceker Ayam Mercon di Rumah

3. Rendam pare dengan garam yang sudah dilarutkan

Cara untuk menyamarkan rasa pahit pare salah satunya dengan merendamnya dengan garam yang sudah dilarutkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah, cuci hingga bersih agar rasa asin garam yang melekat di pare hilang dan pare siap dimasak.

Selain itu  jangan merebus pare terlalu lama. Kebanyakan orang berpikir bahwa jika merebus pare dengan waktu yang lama akan menghilangkan rasa pahit, padahal cara tersebut malah akan membuat gizi pada pare hilang. Jadi jika anda tidak ingin gizi yang terkandung di dalam pare hilang, usahakan jangan merebunya terlalu lama.

Nah, tips di atas adalah tips buat anda yang suka masak dan suka makan sayuran pare, namun bingung bagaimana caranya menghilangkan rasa pahit dari pare tersebut. Selamat mencoba...!!!!

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0