Makanan yang Awet Hingga Bertahun-tahun

Makan menjadi salah satu aktivitas penting manusia untuk bertahan hidup.
Supriyanto - Kamutau?,Senin, 12-10-2020 13:30 WIB
 Makanan yang Awet Hingga Bertahun-tahun
Manusia setiap hari sibuk mencari makan.

Nusantaratv.com - Untuk bisa hidup, manusia perlu makan. Makan menjadi salah satu aktivitas penting manusia untuk bertahan hidup. Di zaman modern saat ini, banyak bahan makanan yang bisa awet berhari-hari bahkan bertahun-tahun sehingga bisa kita simpan dan gunakan sewaktu-waktu diperlukan.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang ternyata sangat awet hingga bertahun-tahun, berabad-abad, bahkan bisa bertahan selamanya tanpa membusuk. Apa saja itu? Melansir dari The Daily Meals, berikut ulasannya.

1. Madu


 Ilustrasi Madu

Madu adalah salah satu bahan makanan yang sangat awet. Madu bahkan juga bisa bertahan puluhan tahun bahkan berabad-abad. Hanya saja, madu akan lebih gelap dan kehilangan aroma ataupun rasanya. Yang paling sering terjadi adalah madu menjadi mengkristal jika tak dikemas dengan benar.

Hanya saja, dalam kemasan biasanya tertulis hanya bertahan 2 tahun. Ini adalah masa di mana tekstur madu sudah jelek.


2. Garam


 Ilustrasi Garam

Melansir dari The Daily Meals, Garam adalah bahan dasar dapur yang bisa bertahan selamanya. Faktanya, apa yang kita makan mungkin sudah ada selama miliaran tahun sebelum dipanen dari endapan batu ataupun laut.

Baca Juga: Ayam Betutu Kuah, Nikmatnya Sampai ke Ubun-ubun, Ini Resepnya

Hanya saja, garam meja bisa kadaluarsa karena mengandung zat aditif. Bahan yodium dan anti-penggumpal akan rusak seiring berjalannya waktu. Sehingga umur simpan garam meja hanya sekitar lima tahun saja.


3. Gula


 Ilustrasi Gula Pasir

Sama halnya dengan garam, gula putih juga tidak akan kadaluwarsa. Namun, gula akan menggumpal jika kadar kelembapannya terganggu.


4. Beras


 Ilustrasi beras putih

Nasi putih memang hanya bertahan beberapa hari saja. Namun, beras yang masih belum diolah, jika disimpan dengan baik akan bertahan sampai 30 tahun lamanya. Usahakan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara ataupun kantung pembeku. Hal ini akan menghindarkan beras dari kutu.


5. Baking Soda


 Ilustrasi Baking Soda

Baking Soda adalah bahan makanan yang cukup awet. Bahkan jika disimpan dengan cara yang benar, Baking Soda akan bertahan untuk waktu yang tak terbatas.

Namun, dalam kemasan sering tertulis tanggal kadaluwarsa. Tanggal itu adalah tanggal di mana Baking Soda kehilangan potensi dan teksturnya.

Baking Soda akan bertahan selamanya jika tetap kering. Dan, sangat tidak disarankan untuk menyimpan baking soda dalam kulkas.


6. Buah-Buahan Kering


 Buah Kering

Buah-buahan kering akan bertahan selama 5 tahun jika disimpan di tempat kedap udara atau jauh dari oksigen. Namun, jika dibuka, hanya akan bertahan selama 6 bulan.

 Buah KeringBuah Kering © unsplash.com/Elena Mozhvilo


7. Kopi Bubuk


 Kopi Bubuk

Kopi bubuk merupakan salah satu bahan makanan yang punya waktu bertahan sampai 2 tahun. Bahkan, beberapa blog kedai kopi mengatakan jika wadah yang belum dibuka memiliki umur simpan hingga tak terbatas.

Namun, jika segel kemasan sudah dibuka, ada kemungkinan mengganggu kelembaban sehingga jamur bisa tumbuh.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0