Ledakan Beirut Adalah Salah Satu yang Terbesar dalam Sejarah

Ledakan itu menghancurkan fasilitas pelabuhan dan ribuan apartemen di kota. 
Sarah Fiba - Kamutau?,Sabtu, 24-10-2020 22:23 WIB
Ledakan Beirut Adalah Salah Satu yang Terbesar dalam Sejarah
(TI)

Nusantaratv.com-Ledakan kehancuran di Beirut adalah salah satu ledakan non-nuklir terbesar dalam sejarah, menurut penelitian baru.

Ledakan 4 Agustus itu setara dengan 500 dan 1.100 ton TNT, para insinyur di Universitas Sheffield di Inggris menjelaskan , mencatat bahwa ini sekitar 1/20 dari ukuran bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima.

Seperti skala ledakan yang melepaskan energi yang cukup dalam hitungan milidetik untuk memberi daya lebih dari 100 rumah selama setahun, kata para peneliti.

Ledakan di pelabuhan Beirut itu menewaskan 193 orang, melukai sekitar 6.500 orang dan menyebabkan kerusakan miliaran dolar.

Ledakan itu menghancurkan fasilitas pelabuhan dan ribuan apartemen di kota. 

Ledakan itu disebabkan oleh 3.000 ton amonium nitrat yang telah disimpan di pelabuhan selama enam tahun sebelum meledak.

“Ini sama dengan energi per jam yang dihasilkan oleh tiga juta panel surya atau 400 turbin angin,” jelas para peneliti dikutip AP.

Setelah melihat peristiwa tersebut terungkap, para peneliti ingin menggunakan keahlian mereka di bidang teknik ledakan untuk membantu memahami apa yang telah terjadi di Beirut.

Mereka juga memberikan data yang dapat digunakan untuk membantu mempersiapkan diri, dan menyelamatkan nyawa dalam peristiwa tersebut jika peristiwa tersebut terjadi lagi.

Ledakan Beirut juga terjadi ketika Lebanon bergulat dengan krisis ekonomi dan keuangan terburuk dalam beberapa dekade , diperburuk oleh penyebaran virus corona.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0