Kuil 1000 Meter Ditemukan di Bawah Sumur

Menurut keterangan, sumur ini kemungkinan adalah peninggalan Dinasti Song.
Supriyanto - Kamutau?,Selasa, 10-11-2020 22:00 WIB
Kuil 1000 Meter Ditemukan di Bawah Sumur
Penemuan sumur kuno menguak keberadaan Kuil Longping di bawahnya.

Nusantaratv.com – Sebuah penemuan sumur kuno yang dikenal dengan penemuan Qinglong, di Kota Baihe masih menyisakan sejumlah misteri.

Kota Baihe adalah sebuah kota pelabuhan penting untuk transaksi ke luar negeri. Namun pelabuhan ini menjadi tidak penting karena terjadinya perubahan sungai. Beruntungnya pada 2009 lalu, museum Shanghai ingin mempelajari sejarah kota ini.

Maka diterjunkanlah arkeolog-arkeolog berpengalaman untuk menjelajah dan menginspeksi seluruh kota Baihe. Saat dilakukan inspeksi itulah sumur tua itu diketemukan. Menurut para arkeolog sumur itu memiliki usia setidaknya 1.000 tahun.

Untuk menuntaskan rasa penasaran mereka, maka dilakukan penggalian. Anehnya saat dilakukan penggalian, sumur itu sering mengeluarkan suara aneh seperti berdengung yang muncul dari dasar sumur.

Baca Juga: Arkeolog Temukan Bukti DNA Manusia Purba di Gua Baishiya

Menurut keterangan, sumur ini kemungkinan adalah peninggalan Dinasti Song. Sumur kuno seperti ini sangatlah jarang, dan hanya dilihat di kuil atau rumah milik pemerintah.

Saat dilakukan penggalian lebih dalam lagi, suara drum sering terdengar. Dan saat penggalian sampai ke dasarnya, penemuan tak terduga pun mengejutkan mereka.

Sebuah kuli nampak di hadapan mereka, yang disebut dengan kuil Longping, para arkeolog pun semakin bersemangat meneruskan penelusurannya. Setelah lebih kurang 6 tahun melakukan ekplorasi dan penggalian, situs kuil Longping pun akhirnya ditemukan.

Banyak benda-benda sakral Budha, ditemukan di dalam kuil Longping. Kalau dimasukkan ke dalam sebuah truk, barang-barang sakral ini mencapai sekitar 10 mobil truk penuh muatan.

Setelah dilakukan pengukuran, kuil ini memiliki luas sekitar 1.000 meter persegi dan saat ditemukan, kondisi istana bawah tanah terlihat masih utuh.

Setelah para arkeolog membuka pintu istana bawah tanah, mereka melihat semua jenis koin diletakkan di tanah, menghitung sekitar 10.000 keping, dari Dinasti Han hingga Dinasti Song. Selain itu para arkeolog juga menemukan surat harta karun.

Dalam surat harta karun, para arkeolog menemukan botol tembaga dengan empat manik-manik bulat, tiga di antaranya adalah kristal, yang seharusnya merupakan peninggalan.

Ini juga merupakan salah satu benda sakral yang ada di kuil ini.Toutiao

Temuan di kuil Longping ini persis seperti yang diceritakan dalam buku-buku sejarah selama ini.

Yang membuat rasa penasaran para arkeolog yang melakukan penggalian, mereka belum dapat memecahkan misteri suara yang berdengung seperti drum. Suara ini belum dapat dipecahkan oleh ilmu sains saat ini.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0