Korut Ogah Terima Bantuan Pangan dari Musuh Bebuyutan

Korea Utara juga membantah menerima bantuan dari korsel
Sarah Fiba - Kamutau?,Selasa, 01-12-2020 14:52 WIB
Korut Ogah Terima Bantuan Pangan dari Musuh Bebuyutan
(Nyt)

Nusantaratv.com- Korea Utara telah menolak bantuan pangan dari Korea Selatan yang diberikan melalui Program Pangan Dunia (WFP). 

Surat kabar setempat melaporkan pada Senin (30/11), Pyongyang baru-baru ini menolak sumbangan 50.000 ton beras yang didanai Korea Selatan. 

"Melalui WFP [Seoul] telah mengupayakan sumbangan 50.000 ton beras. Namun tidak ada perubahan dalam tanggapan Korea Utara" kata juru bicara kementerian Korea Selatan Yoh Sang-key dikutip Upi. 

Yoh juga mengatakan pemerintah sedang berdiskusi dengan WFP untuk menebus biaya proyek.

Seoul telah berjuang untuk melanjutkan pembicaraan dengan Pyongyang sejak pandemi virus corona. Presiden Moon Jae -in telah mengusulkan kerja sama ekonomi dan menghubungkan kembali jalur kereta api di zona demiliterisasi.

Namun, Korea Utara telah menolak semua tawaran. 

Pada bulan Juni, rezim Kim Jong Un menghancurkan kantor penghubung antar-Korea di Kaesong, yang merupakan simbol kerjasama antara kedua Korea.

Korea Selatan memutuskan untuk mengirimkan beras melalui WFP pada Juni 2019.

 Proyek bernilai jutaan dolar itu merupakan sumbangan terbesar ke Utara sejak 2010, ketika Seoul mengirim 5.000 ton beras ke Utara. 

Bantuan makanan dihentikan setelah 2010, ketika kapal perang Korea Selatan diserang dan Korea Utara menembaki pulau terpencil di Korea Selatan.

Korea Utara secara historis membantah menerima bantuan Korea Selatan dan memperjuangkan kemandirian dalam pertanian dan pembangunan ekonomi.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0