Kehabisan Bensin Motor Injeksi Langsung Rusak, Mitos atau Fakta?

Isu yang beredar, motor injeksi kalau kehabisan bensin akan langsung rusak
Supriyanto - Kamutau?,Jumat, 27-11-2020 09:20 WIB
Kehabisan Bensin Motor Injeksi Langsung Rusak, Mitos atau Fakta?
ilustrasi, sebuah motor sedang isi bensin di SPBU.

Nusantaratv.com - Mempercayai mitos menjadi budaya masyarakat Indonesia yang masih hidup saat ini. Kepercayaan pada sebuah mitos terjadi sejak dulu dan diyakini terus secara turun temurun. Nah kali ini kita akan membahas tentang mitos yang beredar di kalangan pengguna sepeda motor.

Konon kabarnya bahwa motor yang sudah memiliki mesin dengan sistem injeksi tidak boleh kehabisan bahan bakar. Isu yang beredar, motor injeksi kalau kehabisan bensin akan langsung rusak karena injeksi yang mati pada motor berakibat sistem lain tidak berfungsi dengan baik.

Hebohnya lagi kejadian itu bisa mengakibatkan motor mengalami servis besar yang berdampak pada pengeluaran biaya yang juga besar.

Yang jadi pertanyaan, benarkah pemahaman yang beredar di masyarakat pengguna motor ini?

Dari situs Astra Honda Motor, didapat informasi bahwa kepercayaan seperti di atas kurang tepat.

Bagi motor dengan sistem injeksi memang benar akan terjadi kerusakan jika kehabisan bensin. Namun kerusakan itu tidak terjadi saat momen kehabisan bensin itu terjadi.

Kerusakan motor baru terjadi kalau kehabisan bensin berulang kali terjadi. Komponen yang rusak pada motor injeksi jika sering kehabisan bensin adalah fuel pump.

Baca Juga: Lagi Rapihin Kabel, Petugas PLN di Tangerang Tewas Tersetrum

Perlu diketahui oleh para pengguna motor injeksi, bahwa motor jenis ini memasok bahan bakarnya dengan bantuan dari pemompaan dinamo. Agar komponen ini tetap berfungsi dengan baik, memerlukan pendingin yang didapat dari adanya bahan bakar. Karena itu kalau bensin di tangki habis akan mempengaruhi kinerja mesin. 

Fuel pump akan rusak kalau bensin sering habis. Jika komponen ini sudah rusak, siap-siap saja merogoh kocek lebih dalam, karena harga fuel pump tidaklah murah.

Tips saat Motor Injeksi Habis Bensin

Pertama langsung cari SPBU terdekat dan isi motor Anda dengan bensin full tank atau 1 liter cukup. Kemudian, jangan langsung nyalakan mesin motor. Tunggu hingga suara yang berada dari fuel pump mati.

Selanjutnya putar ke posisi off lagi lalu on-kan. Cara ini bisa dilakukan sebanyak 5 kali karena bisa membuat fuel pump menghisap bensin terlebih dahulu dan angin palsu yang ada di dalamnya terbuang.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0